Aspek Rasm dalam Mushaf Al-Qur'an Kuno Koleksi Pedir Museum Aceh

Ulil Azmi, 190303056 (2023) Aspek Rasm dalam Mushaf Al-Qur'an Kuno Koleksi Pedir Museum Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Aspek Rasm dalam Mushaf Al-Qur'an Kuno Koleksi Pedir Museum Aceh] Text (Aspek Rasm dalam Mushaf Al-Qur'an Kuno Koleksi Pedir Museum Aceh)
Ulil Azmi, 190303056, FUF, IAT, 085244494473.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Mayoritas umat Islam menyepakati bahwa rasm ‘uthmānī harus dijadikan acuan dalam pola penyalinan Al-Qur’an, namun mushaf Al-Qur’an kuno koleksi Pedir Museum Aceh cenderung menyalahi konsensus tersebut. Di samping itu, penelitian terhadap aspek rasm dalam mushaf kuno Aceh juga masih terbatas. Oleh karenanya penelitian ini penting untuk dilakukan. Penelitian ini berusaha menjawab beberapa persoalan. Pertama, bagaimana karakteristik mushaf Al-Qur’an kuno koleksi Pedir Museum Aceh? Kedua, bagaimana penggunaan rasm dalam mushaf Al-Qur’an kuno koleksi Pedir Museum Aceh? Penelitian ini tergolong penelitian kepustakaan (library research) dengan model kualitatif. Metode deskriptif digunakan untuk menganalisis data yang ada, selanjutnya membandingkan penulisan kata dalam mushaf ini dengan riwayat al-syaikhān, al-Dānī dan Abū Dāwūd. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mushaf tersebut merupakan mushaf kuno Aceh yang ditulis sekitar abad ke-18 M dengan karakteristik seperti mushaf Aceh lainnya. Dari pengamatan terlihat bahwa mushaf ini ditulis menggunakan rasm campuran sehingga menunjukkan inkonsistensi rasm dalam penulisannya. Sebagian kata ditulis menggunakan rasm ‘uthmānī dengan kecenderungan mengikuti riwayat al-Dānī. Sedangkan sebagian lainnya ditulis menggunakan rasm imlā’ī dengan dominasi menyalahi kaidah ḥadhf di samping juga menyalahi kaidah-kaidah lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X1 Al-Qur'an dan ilmu yang berkaitan > 2X1.1 Ilmu-ilmu Al-Qur'an > 2X1.18 Rasm Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Ulil Azmi Azmi
Date Deposited: 22 May 2023 02:55
Last Modified: 22 May 2023 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29129

Actions (login required)

View Item
View Item