Tantangan Mewujudkan Kurikulum Pendidikan Islami Di Provinsi Aceh Yang Menerapkan Syari'at Islam

Teuku Zulkhairi, 2015088501 (2023) Tantangan Mewujudkan Kurikulum Pendidikan Islami Di Provinsi Aceh Yang Menerapkan Syari'at Islam. Jurnal Mudarrisuna, 11 (4). pp. 807-832. ISSN 2460-0733

[thumbnail of Membahas tentang Tantangan dalam Mewujudkan Kurikulum Pendidikan Islami di Provinsi Aceh Yang Menerapkan Syari'at Islam] Text (Membahas tentang Tantangan dalam Mewujudkan Kurikulum Pendidikan Islami di Provinsi Aceh Yang Menerapkan Syari'at Islam)
Jurnal 2 Tantangan Mewujudkan Kurikulum Islami.pdf - Published Version

Download (434kB)

Abstract

Artikel ini membahas tantangan-tantangan aktual dalam mewujudkan kurikulum pendidikan Islami di Aceh. Sebagai Provinsi yang memberikan izin penerapan penerapan Syari'at Islam termasuk dalam bidang pendidikan, namun nyatanya Aceh belum berhasil mewudukan penerapan kurikulum pendidikan yang Islami. Padahal, Qanun Aceh nomor 9 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Pendidikan mengamanahkan agar kurikulum pendidikan di Aceh dapat diajarkan secara Islami. Namun hingga saat ini pedoman penerapan kurikulum pendidikan secara Islami belum berhasil. Jadi,apa tantangan dan tantangan apa saja yang dihadapi? Inilah yang dijawab dalam penelitian ini. Metode penelitian ini adalah dimana narasumber kualitatif yang diwawancarai secara mendalam merupakan stakeholder pendidikan, baik eksekutif maupun legislatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sejumlah tantangan dalam mewujudkan pendidikan Islami di Aceh seperti pedoman kurikulum Islami yang belum konkrit, mempermasalahkan anggaran Pemerintah oleh Aceh, masalah di pemimpin tertinggi, ketiadaan tim penulis dan benturan dengan pemerintah pusat hingga upaya eksekutif yang lemahnya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi untuk menyukseskan agenda mewujudkan pendidikan Islami di Aceh.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teuku Zulkhairi Zulkhairi
Date Deposited: 23 May 2023 03:24
Last Modified: 23 May 2023 03:24
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29130

Actions (login required)

View Item
View Item