Tafakkur Mahasantri Ma'had Aly Babussalam

Teuku Zulkhairi, 2015088501 (2023) Tafakkur Mahasantri Ma'had Aly Babussalam. UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. ISBN 978-623-99181-2-5

[thumbnail of Buku ini merupakan kumpulan pemikiran para mahasantri Ma'had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah] Text (Buku ini merupakan kumpulan pemikiran para mahasantri Ma'had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah)
Buku Mahasantri TZ Editor.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Menulis sebenarnya merupakan tradisi para ulama terdahulu. Tidak ada ulama yang kita kenal hari ini dan karyanya kita pelajari di dayah yang mereka bukan penulis. Imam Syafi'i, Imam Nawawi, Imam Al-Ghazali, Imam Hanafi, Imam Hambali, Imam Malik, Imam Bukhari dan seterusnya mereka semua adalah para penulis ulung. Karena itu? Karya-karya mereka dikaji sampai detik ini di berbagai pesantren dan perguruan tinggi Islam di seluruh dunia. Sekiranya para ulama tidak menulis maka tentulah kita hari ini tidak dapat membaca karya-karya yang mereka tinggalkan. Jadi kesimpulannya, para ulama ini adalah para penulis, bukan saja penuntut ilmu dan pengajar. Oleh sebab itu, para mahasantri seharusnya mulai membangun kapasitas diri dalam bidang tulis menulis. Dengan menulis, maka mereka akan mengikuti jejak ulama terdahulu seperti yang disebutkan di atas. Hal itu yang sering kami sampaikan dalam berbagai kesempatan ketika berbicara dengan para santri dan mahasantri Ma'had Aly Babussalam.

Item Type: Book
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teuku Zulkhairi Zulkhairi
Date Deposited: 23 May 2023 03:24
Last Modified: 24 May 2023 07:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29139

Actions (login required)

View Item
View Item