Efektivitas Penggunaan Metode A Ba Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh

Teuku Zulkhairi, 2015088501 and Saifullah Isri, 2024118201 and Nadyatul Hikmah, 2023 (2023) Efektivitas Penggunaan Metode A Ba Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh. Jurnal Mudarrisuna, 12 (3). pp. 735-754. ISSN 2089-5127

[thumbnail of Tulisan ini menjelaskan tentang Efektivitas Penggunaan Metode A Ba Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh] Text (Tulisan ini menjelaskan tentang Efektivitas Penggunaan Metode A Ba Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh)
Jurnal 1 Efektifitas Metode A Ba Ta Tsa.pdf - Published Version

Download (207kB)

Abstract

Metode pembelajaran adalah cara yang ditempuh oleh pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Salah satu cara yang digunakan untuk memberantas buta aksara Al-Qur'an adalah dengan metode A Ba Ta Tsa di Lembaga Tahfizh Qur'an Anak (LTQA) Ibnu Mas'ud Desa Beurawe Banda Aceh, namun dalam pelaksanaannya masih ada tenaga pendidik yang belum menerapkan metode A. Ba Ta Tsa dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode A Ba Ta Tsa, untuk mengetahui kompetensi dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa dan untuk mencari solusi dari permasalahan yang terjadi di sekolah. proses pelaksanaan pembelajaran ak-Qur'an. berdasarkan metode A ba Ta Tsa di LTQA Ibnu Mas'ud Desa Beurawe Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode A Ba Ta Tsa sudah efektif dengan teriakan rata-rata tiap siklus sebesar 89%, kompetensi dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Metode Ba Ta Tsa sangat bagus dan setiap masalah selalu dicarikan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode A Ba Ta Tsa sudah efektif dengan teriakan rata-rata tiap siklus sebesar 89%, Muatan dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Metode Ba Ta Tsa sangat bagus dan setiap masalah selalu dicarikan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode A Ba Ta Tsa sudah efektif dengan teriakan rata-rata tiap siklus sebesar 89%, kompetensi dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Metode Ba Ta Tsa sangat bagus dan setiap masalah selalu dicarikan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode A Ba Ta Tsa sudah efektif dengan teriakan rata-rata tiap siklus sebesar 89%, kompetensi dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Metode Ba Ta Tsa sangat bagus dan setiap masalah selalu dicarikan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran Al-Qur'an dengan metode A Ba Ta Tsa sudah efektif dengan teriakan rata-rata tiap siklus sebesar 89%, kompetensi dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Metode Ba Ta Tsa sangat bagus dan setiap masalah selalu dicarikan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Muatan dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Metode Ba Ta Tsa sangat bagus dan setiap masalah selalu dicarikan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik. Muatan dan profesionalitas guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa. Metode Ba Ta Tsa sangat bagus dan setiap masalah selalu dicarikan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa dalam LTQA Ibnu Mas'ud telah diimplementasikan dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teuku Zulkhairi Zulkhairi
Date Deposited: 23 May 2023 03:27
Last Modified: 23 May 2023 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29142

Actions (login required)

View Item
View Item