Desi Epiyanti, 160209117 (2022) Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan CD Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Tema “Selalu Berhemat Energy” di Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.
![[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan CD Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Tema “Selalu Berhemat Energy” di Kelas IV MIS Lamgugob Banda Aceh]](https://repository.ar-raniry.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Desi Epiyanti, 160209117, FTK, PGMI, 082369220130.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (8MB)
Abstract
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara diketahui bahwa hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik pada mata pelajaran tematik kelas IV masih tergolong rendah, hal ini dapat dilihat dari hasil ulangan harian peserta didik yang mendapatkan skor di bawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan sekolah yaitu 75. Selain itu, minimnya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh adanya faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar yaitu aktivitas yang dilakukan oleh guru dan siswa di MIS Lamgugob Banda Aceh. Aktivitas yang dilakukan oleh guru yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa yaitu seperti guru belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan belum mengembangkan atau menggunakan media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar peserta didik sedangkan aktivitas yang dilakukan oleh siswa yaitu siswa tidak memperhatikan guru saat mengajar, siswa banyak bermain di kelas, siswa kurang aktif selama proses pembelajaran dan lain - lain.Oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memperbaiki aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik dan untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran group investigation dan CD Interaktif. Metodelogi yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 3 siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran group investigation dan CD Interaktif mengalami peningkatan yaitu pada siklus I diperoleh nilai 74% yang berkategori cukup, sedangkan pada siklus II yaitu 85% yang berkategori sangat baik dan pada siklus terakhir memperoleh nilai yaitu 93% dengan kategori sangat baik. (2) Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh nilai 71% dengan kategori cukup, pada siklus II diperoleh nilai sebesar 78% dengan kategori baik dan pada siklus III diperoleh nilai akhir yaitu 91% dan (3) hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus ke I sebesar 71% dengan kategori cukup, siklus II sebesar 82% dengan kategori sangat baik dan pada siklus III memperoleh hasil sebesar 91% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran group investigation dan CD Interaktif sangat cocok di terapkan pada pembelajaran tematik untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Desi Epiyanti Desi |
Date Deposited: | 22 May 2023 02:50 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:50 |
URI: | https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29159 |