Sistem Pembagian Warisan di Gampong Drien Tujoh Kabupaten Nagan Raya (Analisis Terhadap Warisan Rumah untuk Anak Perempuan Bungsu)”.

Tia Lestari, 170101058 (2023) Sistem Pembagian Warisan di Gampong Drien Tujoh Kabupaten Nagan Raya (Analisis Terhadap Warisan Rumah untuk Anak Perempuan Bungsu)”. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Sistem Pembagian Warisan di Gampong Drien Tujoh Kabupaten Nagan Raya (Analisis Terhadap Warisan  Rumah untuk Anak Perempuan Bungsu)”.] Text (Sistem Pembagian Warisan di Gampong Drien Tujoh Kabupaten Nagan Raya (Analisis Terhadap Warisan Rumah untuk Anak Perempuan Bungsu)”.)
Tia Lestari, 170101058, FSH, HK, 082315421236.pdf - Updated Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Hak waris anak perempuan dalam hukum Islam tidak membedakan apakah ia masih kecil atau sudah dewasa (tua). Artinya, masing-masing mereka diberikan hak yang sama dengan tidak ada pembedaan. Namun dalam praktiknya, masyarakat Gampong Drien Tujoh memandang antara anak perempuan yang paling kecil (bungsu) lebih diutamakan dengan anak-anak lainnya, baik anak laki-laki sebagai abangnya maupun kakak perempuannya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui praktik pembagian warisan terhadap hak waris rumah bagi anak perempuan bungsu di Gampong Drien Tujoh dan tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembagian warisan terhadap hak waris rumah bagi anak perempuan bungsu di Gampong Drien Tujoh Nagan Raya. Penelitian ini menggunakan metode hukum empiris, pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil penelitian diketahui bahwa praktik pembagian warisan terhadap hak waris rumah bagi anak perempuan bungsu di Gampong Drien Tujoh Nagan Raya sudah dilakukan sejak dahulu, yaitu dengan memberikan hak waris yang lebih besar kepada anak perempuan bungsu dengan ahli waris lainnya. Adapun harta waris yang biasa diterima oleh anak perempuan bungsu di Gampong Drien Tujoh berupa rumah. Adapun alasan dan pertimbangan masyarakat dalam memberikan hak harta yang lebih besar kepada anak perempuan bungsu karena ekonomi anak perempuan bungsu, masih lemah dan belum mandiri, serta tangung jawab merawat orang tua. Tinjauan hukum Islam terhadap praktik pembagian warisan terhadap hak waris rumah bagi anak perempuan bungsu di Gampong Drien Tujoh Nagan Raya sudah sesuai dengan hukum Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pembagian Warisan, Hak Rumah Anak Perempuan Bungsu
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Tia Lestari
Date Deposited: 22 May 2023 03:06
Last Modified: 22 May 2023 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29175

Actions (login required)

View Item
View Item