Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum Regional dan Tingkat Pendidikan Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Provinsi Aceh

Wulan Pujiaman, 170604098 (2022) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, Upah Minimum Regional dan Tingkat Pendidikan Terhadap Ketimpangan Pendapatan di Provinsi Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh pertumbuhan ekonomi, upah minimum regional dan tingkat pendidikan terhadap ketimpangan pendapatan di provinsi Aceh] Text (Pengaruh pertumbuhan ekonomi, upah minimum regional dan tingkat pendidikan terhadap ketimpangan pendapatan di provinsi Aceh)
Wulan Pujiaman, 170604098, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Ketimpangan pendapatan merupakan suatu masalah yang membawa implikasi kepada kesejahteraan masyarakat antar wilayah, dimana terdapat perbedaan pendapatan antara daerah yang maju dengan dengan daerah yang tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi, upah minimum regional dan tingkat pendidikan terhadap ketimpangan pendapatan tahun 2017-2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan data sekunder dalam bentuk data panel yang datanya diperoleh dari BPS. Metode yang digunakan yaitu Panel Less Square dengan Fixed Effect Model. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Provinsi Aceh periode 2017-2021, Upah minimum regional berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Provinsi Aceh, sedangkan tingkat pendidikan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Provinsi Aceh periode tahun 2017-2021. Secara simultan pertumbuhan ekonomi dan upah minimum regional sebelum memiliki pengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Wulan Pujiaman Wulan
Date Deposited: 23 May 2023 02:11
Last Modified: 23 May 2023 02:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29182

Actions (login required)

View Item
View Item