Peran Orangtua Pengganti Terhadap Pembentukan Nilai Agama Anak-Anak Petani Di Gampoeng Blang Paku.

Gita Purnama Sari, 180210007 (2023) Peran Orangtua Pengganti Terhadap Pembentukan Nilai Agama Anak-Anak Petani Di Gampoeng Blang Paku. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Peran Orangtua Pengganti Terhadap Pembentukan Nilai  			  Agama Anak-Anak Petani Di Gampoeng Blang Paku] Text (Peran Orangtua Pengganti Terhadap Pembentukan Nilai Agama Anak-Anak Petani Di Gampoeng Blang Paku)
Gita Purhama Sari, 180210007, FTK , PIAUD, 082276668417.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Orangtua yang bekerja menjadikan keluarga dan kerabat dekat berperan sebagai orangtua pengganti untuk mengasuh dan membimbing anak sementara ketika orangtua bekerja. Preliminary data yang didapat dari Gampoeng Blang Paku menunjukkan orang tua yang sibuk bekerja dari pagi hingga sore hari, membuat kurangnya perhatian dan kontrol dari orang tua terhadap perkembangan nilai agama anak, peristiwa tersebut menyebabkan pengasuhan anak secara otomatis dialihkan kepada keluarga terdekat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan kendala orangtua pengganti dalam menanamkan nilai agama anak petani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah saudara kandung yang memiliki adik usia 5-6 tahun di Gampoeng Blang Paku dan objek penelitian adalah anak petani usia 5-6 tahun di Gampoeng Blang Paku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orangtua pengganti dalam membentuk nilai agama anak yaitu dengan mengajarkan nilai akidah, akhlak, dan ibadah melalui pembinaan, bimbingan, pembiasaan, dan keteladanan. Kendala yang dihadapi oleh orangtua pengganti yaitu pengaruh lingkungan pertemanan, pengaruh gadget dan kurangnya kerjasama dengan orangtua.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Orangtua Pengganti, Nilai Agama, Anak Petani
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 001 Knowledge
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Gita Purnama Sari
Date Deposited: 23 May 2023 02:37
Last Modified: 23 May 2023 02:37
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29185

Actions (login required)

View Item
View Item