Efektifitas Penggunaan Media Powerpoint Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen pada Ma’had Darul Ihsan Aceh Besar)

Ramazia, 200202042 (2023) Efektifitas Penggunaan Media Powerpoint Interaktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab (Penelitian Eksperimen pada Ma’had Darul Ihsan Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembelajaran Bahasa Arab] Text (Pembelajaran Bahasa Arab)
Ramazia, 200202042, FTK, PBA, 082361138591.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Motivasi adalah serangkaian power dan energi yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai garis finish. Kadar keberhasilan seseorang dalam melakukan sesuatu diukur dari frekuensi motivasi baik internal maupun eksternal. Dan adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan media Powerpoint Interaktif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan jenis “Quasi Eksperimental Desain” dan model “Non Equivalent Control Group Design”. Untuk teknik pengumpulan data peneliti menggunakan angket (Sebelum dan sesudah penerapan). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa/I kelas VIII pada Ma’had Darul Ihsan. Dan adapun sampel dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa pada kelas VIII/b dengan jumlah 30 siswa (Sebagai Kelas Eksperimen) dan siswa kelas VIII/c dengan jumlah 30 siswa (Sebagai Kelas Kontrol). Adapun hasil yang peneliti dapatkan ialah penggunaan media Powerpoint Interaktif sangat efektif dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab. hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi pada tes Wilcoxon Signed Ranks Test (Asymp. Sig. 2-tailed) yaitu 0,00 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ramazia Zia
Date Deposited: 23 May 2023 02:39
Last Modified: 23 May 2023 02:39
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29188

Actions (login required)

View Item
View Item