Analisis Dampak Penggunaan Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Pada Nasabah BSI KCP Lampahan Kab. Bener Meriah)

Suci Wahyuni, 150603047 (2022) Analisis Dampak Penggunaan Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) (Studi Pada Nasabah BSI KCP Lampahan Kab. Bener Meriah). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Dampak Penggunaan Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR)] Text (Analisis Dampak Penggunaan Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR))
Suci Wahyuni, 150603047, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan Dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) pada nasabah BSI KCP Lampahan Kabupaten Bener Meriah. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode wawancara melalui sumber primer yaitu nasabah UMKM, aparat desa dan pegawai Bank BSI Lampahan Bener Meriah yang di analisis untuk diambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dana KUR yang diberikan Bank BSI digunakan untuk menambah keperluan usaha seperti membeli bahan baku, membeli perlengkapan usaha, serta digunakan untuk menambah jumlah karyawan. Kendala UMKM dalam mengelola KUR sesuai dengan jenis usaha masing-masing seperti tidak lakunya produk, usaha tidak berjalan sesuai rencana dan kegagalan lainnya, dan juga produk KUR secara signifikan membantu UMKM dalam mengembangkan usaha seperti penambahan modal, alat-alat usaha, penambahan jumlah karyawan serta meningkatkan pendapatan. Berdasarkan hasil wawancara, disimpulkan bahwa KUR pada Bank BSI KCP Lampahan sangat bermanfaat membantu UMKM dalam menjalankan usaha.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Suci Wahyuni Uci
Date Deposited: 23 May 2023 02:35
Last Modified: 23 May 2023 02:35
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29198

Actions (login required)

View Item
View Item