Prosedur Pembiayaan Mudharabah pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh

Maulida, 140601027 (2017) Prosedur Pembiayaan Mudharabah pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. KKU thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text
Maulida.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB) | Preview

Abstract

PT. BPRS Hikmah Wakilah tempat penulis melaksanakan kerja praktik bertempat di Jl. Mata Ie No. 55 Keutapang Dua Aceh Besar. PT. BPRS Hikmah Wakilah merupakan salah satu bank pembiayaan rakyat syariah dimana dalam kegiatan atau usaha berdasarkan prinsip-prinsip syariah. PT. BPRS Hikmah Wakilah memiliki beberapa produk, yaitu Tabungan, Deposito Mudharabah, dan Pembiayaan (Murabahah, Mudharabah, Musyarakah, dan Ijarah). Tujuan penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui prosedur pembiayaan mudharabah pada PT. BPRS Hikmah Wakilah Banda Aceh. Penulis mengamati bahwa kebijakan yang ditetapkan BPRS sudah sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur). Kesimpulan yang dapat penulis simpulkan dalam prosedur pembiayaan mudharabah adalah setiap nasabah harus memenuhi semua persyaratan dan menganalisis usaha/proyek yang akan dijalankan nasabah, dilanjutkan dengan proses dokumentasi jaminan calon nasabah, proses pembuatan MUP dan SPK oleh Marketing, melakukan komite antara marketing dengan direktur, pembuatan akad pembiayaan oleh legal officer, kemudian pencairan pembiayaan nasabah oleh bagian teller. Sistem pemberian pembiayaan mudharabah pada saat ini telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan prinsip syariah, oleh karena itu untuk menjaga kepercayaan nasabah terhadap bank hendaknya lebih memperhatikan kembali untuk dapat meningkatkan kepuasan nasabah baik yang ingin mengajukan pembiayaan maupun nasabah yang ingin menabung.

Item Type: Thesis (KKU)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dr. Muhammad Adnan, SE.,M.Si. NIP. 197204281999031005; 2. Intan Qurratul Aini, S.Ag., M.Si., NIP. 197612172009122001.
Uncontrolled Keywords: Prosedur Pembiayaan Mudharabah
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Maulida Hanafiah
Date Deposited: 11 Aug 2017 01:23
Last Modified: 12 Aug 2017 05:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item
TOP