Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dengan Kebahagiaan Pada Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Nur Fitri, 180901037 (2023) Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dengan Kebahagiaan Pada Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dengan Kebahagiaan Pada Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Hubungan Antara Kualitas Persahabatan Dengan Kebahagiaan Pada Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Nur Fitri, 180901037, FPS, PSI, 082321198472.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada masa dewasa awal, mahasiswi akan dihadapkan dengan dunia baru serta masalah-masalah baru yang mengikutinya. Ketidakbahagiaan dan kesedihan yang dirasakan mahasiswi akan memicu mahasiswi mengalami kehilangan harga diri, mengurung diri dan menarik diri dari lingkungan sosial. Oleh karena itu, persahabatan merupakan faktor eksternal yang menjadi berperan penting bagi mahasiswi dalam mendapatkan kebahagiaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan antara Kualitas Persahabatan dengan Kebahagiaan pada Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Jumlah populasi adalah sebanyak 12.276 mahasiswi aktif di UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dengan jumlah sampel sebanyak 340. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode probability sampling dengan teknik cluster sampling. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah skala kualitas persahabatan menurut Asher dan Parker (1993) dengan nilai reliabilitas sebesar 0.933 dan skala kebahagiaan menurut Seligman (dalam Arif, 2016) dengan nilai reliabilitas sebesar 0.946. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kualitas persahabatan dengan kebahagiaan pada mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan nilai koefisien korelasi (r) = 0.716 dan signifikasi p = 0.000 (p< 0.05). Artinya semakin tinggi kualitas persahabatan maka semakin tinggi pula kebahagiaan yang dimiliki mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Nur Fitri Fitri
Date Deposited: 23 May 2023 03:17
Last Modified: 23 May 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29203

Actions (login required)

View Item
View Item