Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Pegawai Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Darussalam

Kurnia Sari, 190603387 (2023) Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Pegawai Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Darussalam. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Pegawai Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Darussalam] Text (Tingkat Literasi Keuangan Syariah Pada Pegawai Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Darussalam)
Kurnia Sari, 190603387, FEBI, PS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Literasi keuangan syariah sumber daya insani pada lembaga keuangan syariah menjadi penting dan fokus dari perusahaan dalam menjalankan strategi fungsi operasional, sehingga dapat mencapai tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat tingkat literasi keuangan syariah pada pegawai Bank Syariah Indonesia KCP Darussalam. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan sampling jenuh karena jumlah populasi kurang dari 100 sehingga jumlah sampel pada penelitian ini adalah seluruh pegawai Bank Syariah Indonesia KCP Darussalam yang berjumlah 30 orang. Hasil dari penelitian ini tingkat literasi keuangan syariah pada pegawai Bank Syariah Indonesia KCP Darussalam memperoleh rata-rata 85,28% (tinggi). Adapun pada indikator pengetahuan dasar tingkat literasi masih kategori sedang dengan rata-rata 78,47%, sedangkan pada indikator kemampuan sudah mencapai kategori tinggi dengan rata-rata 86%. Tingkat literasi dengan kategori tinggi juga diperoleh pada indikator sikap dengan rata-rata 86,67% dan pada indikator kepercayaan dengan nilai rata-rata 90%.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Kurnia Sari Nia
Date Deposited: 23 May 2023 02:53
Last Modified: 23 May 2023 02:53
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29207

Actions (login required)

View Item
View Item