Hubungan Kepuasan Hidup Dengan Kebahagiaan Pada Dewasa Madya Gampoeng Keunekai Kota Sabang

Rauzalia, 180901050 (2023) Hubungan Kepuasan Hidup Dengan Kebahagiaan Pada Dewasa Madya Gampoeng Keunekai Kota Sabang. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Psikologi.

[thumbnail of Hubungan Kepuasan Hidup Dengan Kebahagiaan Pada Dewasa Madya Gampoeng Keunekai Kota Sabang] Text (Hubungan Kepuasan Hidup Dengan Kebahagiaan Pada Dewasa Madya Gampoeng Keunekai Kota Sabang)
Rauzalia, 180901050, FPS, PSI, 082272330647.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kebahagiaan adalah emosi positif yang diinginkan banyak orang dan menjadikan dorongan positif untuk melakukan tindakan yang positif. Dewasa madya merupakan periode yang ditakuti karena dimasa ini seorang dewasa madya takut akan kehilangan energy/stamina, status & kemampuan hidupnya. Ketakutan tersebut menjadi masalah untuk dewasa madya, sehingga mereka tidak merasakan kebahagiaan. Kebahagiaan dipengaruhi oleh kepuasan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kepuasan hidup dengan kebahagiaan pada dewasa madya di Gampoeng Keunekai Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Alat ukur penelitian ini yaitu skala Kepuasan hidup menurut (Diener, 2000) dan Kebahagiaan menurut (Seligman, 2016). Jumlah populasi adalah sebanyak 137 dewasa madya di Gampoeng Keunekai Kota Sabang, dengan jumlah sampel sebanyak 100 sampel. Pengambilan sampel adalah dengan menggunakan metode non probability sampling dengan teknik accidental sampling. Hasil hipotesis penelitian ini dengan korelasi Spearman rho (p)=0.635 dengan p < 0,05 yaitu 0.000. Hal ini berarti hipotesis pada penelitian ini diterima, yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel kepuasan hidup dengan kebahagiaan pada dewasa madya di Gampoeng Keunekai Kota Sabang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rauzalia Rauzalia
Date Deposited: 23 May 2023 03:17
Last Modified: 23 May 2023 03:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29208

Actions (login required)

View Item
View Item