Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Di SMP

Nuzulya Ilma, 160205075 (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Di SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Di SMP] Text (Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Operasi Bentuk Aljabar Di SMP)
Nuzulya Ilma, 160205075, FTK, PMA, 082339597335.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan aspek utama dalam pembelajaran matematika yang harus dicapai oleh siswa, namun kenyataannya kemampuan pemecahan masalah masih dikategorikan rendah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi operasi bentuk aljabar. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian tiga siswa kelas VII yang berkemampuan pemecahan masalah kategori tinggi,kategori sedang dan kategori rendah. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar tes, wawancara, dan alat perekam.Analisis data dengan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan triangulasi waktu. Adapun hasil penelitian adalah (1) subjek dengan kategori tinggi dapat memenuhi semua indikator kemampuan pemecahan masalah, (2) subjek dengan kategori sedang hanya dapat memenuhi tiga indikator kemampuan pemecahan masalah, (3) subjek dengan kategori rendah hanya dapat memenuhi satu indikator kemampuan pemecahan masalah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Nuzulya Ilma
Date Deposited: 23 May 2023 03:18
Last Modified: 23 May 2023 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29214

Actions (login required)

View Item
View Item