Problematika Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja Pada Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Ulfa Aisyah, 190405011 (2023) Problematika Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja Pada Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Problematika Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja Pada Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (Problematika Mahasiswa Kuliah Sambil Bekerja Pada Mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Ulfa Aisyah, 190405011, FDK, KESOS, 082273947185.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan dasar bagi setiap manusia. Itu sudah menjadi kewajiban dan diwajibkan oleh negara Indonesia. Pendidikan wajib itu tidak dipungut biaya oleh pemerintah. Pada saat ini pendidikan seperti itu baru berlaku hingga ke tingkat SLTA. Adapun pendidikan tinggi bukanlah suatu kewajiban tetapi merupakan kebutuhan bagi hampir seluruh warga negara saat ini. Pendidikan tinggi menjadi kebutuhan untuk memasuki dunia kerja, oleh karena itu hampir semua warga negara bercita-cita untuk mendapatkan pendidikan tingkat tinggi. Pendidikan tingkat tinggi tidak dibiayai sepenuhnya oleh pemerintah, hanya sebagian biaya pendidikan tinggi yang disubsidi. Oleh karena itu untuk belajar di perguruan tinggi memerlukan biaya pribadi dari mahasiswa. Sebagian mahasiswa tidak dapat memenuhi semua biaya pendidikan itu, tetapi masih mempunyai keinginan yang kuat untuk mengikuti dan menamatkan pendidikan tinggi. Berdasarkan kepada ini maka ada sebagian mahasiswa yang kekurangan biaya untuk kuliah mereka berusaha mencari tambahan dana dengan cara bekerja. Bekerja sambil kuliah akan mengurangi porsi waktu untuk belajar dan diperkirakan akan mengurangi hasil belajar juga. Melihat kenyataan ini peneliti ingin mengetahui dan menjelaskan bagaimana problematika mahasiswa kuliah sambil bekerja pada Prodi Kesejahteraan Sosial Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Setelah diadakan penelitian ternyata mahasiswa Prodi Kesejahteraan Sosial yang bekerja bukan hanya yang kekurangan biaya saja tetapi ada juga yang dianggap cukup mampu membiayai kuliah tetapi juga bekerja. Adapun prestasi mahasiswa yang bekerja 12,5% rendah, namun ada 87,5% berprestasi tinggi. Berdasarkan uraian di atas hendaknya mahasiswa yang bekerja jangan mengutamakan pekerjaannya saja tetapi utamakan pendidikan sehingga biaya kuliah tercukupi dan prestasi belajar tetap baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ulfa Aisyah Ulfa
Date Deposited: 23 May 2023 03:19
Last Modified: 23 May 2023 03:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29218

Actions (login required)

View Item
View Item