Analisis Pencapaian Hasil Pembelajaran Daring/Online Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs.S Pante Ceureumen

Suriani, 170201009 (2022) Analisis Pencapaian Hasil Pembelajaran Daring/Online Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs.S Pante Ceureumen. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pencapaian Hasil Pembelajaran Daring/Online Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs.S Pante Ceureumen] Text (Analisis Pencapaian Hasil Pembelajaran Daring/Online Masa Pandemi Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs.S Pante Ceureumen)
Suriani, 170201009, FTK, PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pandemi covid ialah virus atau penyakit yang menyebar keseluruh dunia. Wabah virus corona yang menyebar secara global mengakibatkan proses belajar mengajar yang pada umumnya pembelajaran yang ideal dilakukan secara tatap muka, sehingga dengan terjadinya covid ini maka ditetapkanlah sistem belajar dari rumah, yaitu yang lebih dikenal dengan belajar daring. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah perubahan aktivitas belajar mengajar selama pandemi covid. (2) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi selama proses pembelajaran daring/online. (3) Bagaimanakah hasil capaian pembelajaran daring/online masa pandemi pada mata pelajaran aqidah akhlak di MTs.S Pante Ceureumen. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil yang peneliti dapatkan dilapangan bahwa, perubahan aktivitas belajar sangat drastis dirasakan oleh guru maupun siswa, dan hal ini sangat dikhawatirkan akan dapat mengakibatkan siswa kekurangan minat untuk belajar. Capaian hasil pembelajaran selama pandemi covid mengalami penurunan. Hal tersebut diketahui dari hasil wawancara dengan guru di sekolah tersebut. Kendala-kendala yang dihadapi siswa selama proses pembelajaran daring yaitu jaringan internet yang kurang lancar, quota intenet juga sangat terbatas, terkadang terjadinya error pada sistem android dan keseriusan dalam belajar juga kurang. Aplikasi yang digunakan untuk menunjang pembelajaran adalah aplikasi WhattApp.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suriani Suriani
Date Deposited: 24 May 2023 02:14
Last Modified: 24 May 2023 02:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29223

Actions (login required)

View Item
View Item