Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembayaran Rekening Air Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala Aceh Besar

Moliyana Dewi, 170802003 (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembayaran Rekening Air Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mountala Aceh Besar. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembayaran Rekening Air Terhadap Kepuasan Masyarakat] Text (Pengaruh Kualitas Pelayanan Pembayaran Rekening Air Terhadap Kepuasan Masyarakat)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kepuasan masyarakat terkait dengan kualitas pelayanan pembayaran rekening air yang dirasa belum sempurna dan perlu ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan pembayaran rekening air terhadap kepuasan masyarakat di PDAM Tirta Mountala Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif assosiatif yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Responden dalam penelitian ini adalah pelanggan atau masyarakat yang menggunakan jasa PDAM Tirta Mountala Aceh Besar yang berjumlah 100 responden. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan metode inccidental sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana, korelasi, koefisien determinasi, uji regresi (uji t). Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa kualitas pelayanan pembayaran rekening air berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Hasil pengujian korelasi menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembayaran rekening air memiliki hubungan sedang terhadap kepuasan masyarakat. Niai koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel bebas bisa mempengaruhi sebanyak 48,3% terhadap variabel terikat yaitu kepuasan masyarakat sedangkan sisanya dipengaruhi oleh factor lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 361 Masalah dan pelayanan kesejahteraan sosial pada umumnya > 361.6 Kegiatan pemerintah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Moliyana Dewi Moli
Date Deposited: 24 May 2023 08:03
Last Modified: 24 May 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29227

Actions (login required)

View Item
View Item