Strategi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Mempertahankan Bisnis Pada Situasi Covid-19 Di Gampong Blok Bengkel Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie

Yoga Lamkaruna Harmanda, 170404034 (2023) Strategi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Mempertahankan Bisnis Pada Situasi Covid-19 Di Gampong Blok Bengkel Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Strategi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Mempertahankan Bisnis Pada Situasi Covid-19 Di Gampong Blok Bengkel Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie] Text (Strategi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Mempertahankan Bisnis Pada Situasi Covid-19 Di Gampong Blok Bengkel Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie)
Yoga Lamkaruna Harmanda, 170404034, FDK, PMI, 081361164632.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Strategi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Dalam Mempertahankan Bisnis Pada Situasi Covid-19 Di Gampong Blok Bengkel Kecamatan Kota Sigli Kabupaten Pidie“. Adapun pembahasan skripsi ini ditunjukkan untuk menganalisis permasalahan pokok yang pertama faktor apa yang membuat masyarakat Gampong Blok Bengkel tetap memilih bisnis UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dimasa pandemi Covid-19, kedua bagaimana strategi mempertahankan konsumen, ketiga apa manfaat dari strategi yang baik. Yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa yang membuat masyarakat tetap bertahan dengan bisnis ini dimasa pandemi Covid-19, dan untuk mengetahui bagaimana strategi dan manfaat dari strategi. Dalam penelitian ini untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis menggunakan metode penelitian lapangan (Field Research) untuk membahas fenomena yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menggunakan sampel (purposive sampling) yang informannya ditetapkan dalam kriteria tertentu. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang membuat masyarakat tetap bertahan pada bisnis UMKM pada masa pandemi Covid-19 ialah latar belakang pendidikan yang rendah dan lowongan kerja yang tidak ada, selanjutnya strategi yang digunakan agar bisnis UMKM tetap berjalan di masa pandemi Covid-19 ialah memanfaatkan internet sebagai digital marketing, dan menggunakan platform E-commerce untuk menjual produk. Selanjutnya manfaat dari strategi yang baik ialah, mendapatkan keuntungan yang lebih besar, membuka peluang pasar lebih luas, dan dapat mengetahui kelemahan dan kekuatan sebuah bisnis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Yoga Lamkaruna Harmanda
Date Deposited: 24 May 2023 08:04
Last Modified: 24 May 2023 08:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29229

Actions (login required)

View Item
View Item