Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Menurut Perspektif Siyasah Maliyah (Studi Kasus Di Gampong Leme, Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)

Sukahati, 170105006 (2023) Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Menurut Perspektif Siyasah Maliyah (Studi Kasus Di Gampong Leme, Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Menurut Perspektif Siyasah Maliyah (Studi Kasus Di Gampong Leme, Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues)] Text (Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Menurut Perspektif Siyasah Maliyah (Studi Kasus Di Gampong Leme, Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues))
Sukahati, 170105006, FSH, HTN, 082244467117.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul Pelaksanaan Pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) Menurut Perspektif Siyasah Maliyah. Bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang dipaparkan didalam rumusan masalah yakni bagaimana program keluarga harapan (PKH) dalam peraturan Menteri Sosial Nomor 1 tahun 2018 di Gampong Leme Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, bagaimana pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Leme Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues, serta menjawab permasalahan apakah Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Leme Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues sesuai dengan konsep Siyasah Maliyah. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dihimpun menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara dengan masyarakat, ataupun para pihak yang tergabung dalam pelaksanaan Program Keluarga Harapan (PKH). Selanjutnya, data tersebut dianalisis menggunakan teori hukum Islam ataupun fiqh siyasah yakni siyasah syar‘iyyah dan siyasah maliyah, hal ini dikarenakan keduanya memiliki tujuan untuk kemaslahatan dan mensejahterakan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) di Gampong Leme belum mensejahterakan penerima PKH. Namun, PKH di Gampong Leme ini sudah mengurangi beban Rumah Tangga Miskin (RTM) dalam pemenuhan pendidikan, kesehatan dan kebutuhan bagi usia lanjut diatas
60 tahun. Hal ini sesuai dengan Pasal 2 Peraturan menteri Sosial RI No.1
Tahun 2018 Tentang Program Keluarga Harapan. Dalam pandangan Fiqh Siyasah Maliyah, penerapan PKH tersebut hanya sebatas bentuk jaminan sosial pemerintah kepada masyarakat yakni terciptanya hubungan baik antara pemerintah dengan masyarakat. Namun, nilai keadilan dan tanggung jawab itu sendiri kurang terlaksana dengan baik karena masih ditemukan ketidaktepat sasaran dalam menentukan penerima manfaat PKH di Gampong Leme, Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Sukahati Sukahati
Date Deposited: 24 May 2023 08:03
Last Modified: 24 May 2023 08:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29232

Actions (login required)

View Item
View Item