Sejarah Perang Uhud Dalam Pembentukan Karakter Taat Kepada Pemimpin

Endang Sari, 180201064 (2022) Sejarah Perang Uhud Dalam Pembentukan Karakter Taat Kepada Pemimpin. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Sejarah Perang Uhud Dalam Pembentukan Karakter  Taat Kepada Pemimpin] Text (Sejarah Perang Uhud Dalam Pembentukan Karakter Taat Kepada Pemimpin)
Endang Sari, 1802011064, FTK, PAI, 082235893541 ok-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Masalah pada penelitian ini adalah tentang ketidak taatan sekelompok atau sebagian orang akan perintah pemimpin. Dari ketidak taatan sekelompok atau sebagian ini dapat menimbulkan kerugian. Kerugian ini akan berdampak pada setiap orang atau individu. Dari sejarah Perang Uhud ada beberapa nilai ketaatan kepada pemimpin yang ditampilkan oleh para sahabat. Namun ada sebagian pasukan pemanah yang mengabaikan pemimpinnya, sehingga mengakibatkan kerugian besar dikaum muslimin dan karena kesalahan itu pasukan muslimin mengalami kekalahan pada Perang Uhud. Rumusan masalah pada skripsi ini adalah bagaimana sejarah Perang Uhud? Bagaimana nilai ketaatan pada pemimpin dalam sejarah Perang Uhud?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejarah Perang Uhud!, dan untuk mengetahui nilai ketaatan kepada pemimpin dalam sejarah Perang Uhud. Penelitian ini menggunakan penelitian library research (penelitian kepustakaan), dengan sumber utama sirah nabawiyah dan literatur lainnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai ketaatan kepada pemimpin terbagi menjadi tiga indikator yaitu; disiplin kepada perintah pemimpin, mematuhi dan membantu pemimpin. Dari ketiga indikator tersebut nilai ketaatan kepada pemimpin yang ditampilkan oleh sahabat adalah disiplin yang dilakukan oleh sahabat Abdullah bin Zubair, Abu Dujanah, mematuhi pemimpin dilakukan oleh Shafiah bin Abdul Muthalib, Hamnah bin Jahsy dan Annas bin Malik, melindungi pemimpin yang dilakukan oleh Abu Dujanah, Thalhah bin Ubaidillah, Mus'ab bin Umair dan Saad bin Abi Waqqas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Sari Endang
Date Deposited: 24 May 2023 08:01
Last Modified: 24 May 2023 08:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29233

Actions (login required)

View Item
View Item