Makna dan Nilai Syiar Tarian Meugrob di Pidie Aceh (Studi Kasus di Desa Pulo Lueng Teuga

Akmal Maulana Rivai, 180501091 (2022) Makna dan Nilai Syiar Tarian Meugrob di Pidie Aceh (Studi Kasus di Desa Pulo Lueng Teuga. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Makna dan Nilai Syiar Tarian Meugrob di Pidie Aceh (Studi Kasus di Desa Pulo Lueng Teuga] Text (Makna dan Nilai Syiar Tarian Meugrob di Pidie Aceh (Studi Kasus di Desa Pulo Lueng Teuga)
Akmal Maulana Rivai, 180501091, FAH, SKI, 082267192977.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini tentang Makna dan Nilai Syair Tarian Meugrob di Pidie Aceh Studi Kasus di Gampong Pulo Lueng Teuga. Tarian Meugrob merupakan sebuah tarian yang gerakannya didominasi oleh gerakan kaki. Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui asal-usul tarian Meugrob dan menjelaskan makna dan nilai yang terkandung dalam syair tarian Meugrob. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penulis melakukan pengamatan secara langsung dengan bertatap muka dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian mengenai tarian Meugrob. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tarian Meugrob muncul setelah kemerdekaan Indonesia, tarian ini diciptakan untuk menyambut kemenangan peperangan melawan Penjajahan Belanda. Asal–usul syair dan gerakan tarian Meugrob tercipta dari pemikiran–pemikiran ulama yang pertama kali membawa ajaran Islam ke Gampong Pulo Lueng Teuga. Bait-bait syair dan gerakan tarian Meugrob merupakan hasil dari kecerdasan dan wawasan para ulama terdahulu yang tercipta ketika mereka bercengkerama. Tarian ini pada dasarnya bukan hanya sekadar kesenian yang berfungsi sebagai sarana hiburan rakyat, namun terdapat nilai yang terkandung di dalamnya yaitu nilai keagamaan, nilai sosial, dan nilai pendidikan. Adapun tarian Meugrob diciptakan oleh ulama terdahulu sebagai media dalam penyebaran ajaran Islam melalui makna dan nilai yang terkandung dalam gerakan dan isi syairnya, sehingga dapat membentuk persatuan dan keharmonisan dalam kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
700 Arts and Recreation > 780 Music (Seni Musik)
700 Arts and Recreation > 790 Sports, Recreational and Performing Arts (Olah Raga dan Seni Pertunjukan)
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Akmal Maulana Rivai Akmal
Date Deposited: 25 May 2023 02:40
Last Modified: 25 May 2023 02:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29259

Actions (login required)

View Item
View Item