Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Kewirausahaan Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Bireuen

Dimas, 180208080 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Kewirausahaan Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Bireuen. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Kewiraausahaan Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Bireuen] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Kewiraausahaan Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 1 Bireuen)
Dimas, 180208080, FTK, PKM, 082362236840.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bireuen yang dilatar belakangi oleh belum pernah dikembangkan bahan ajar LKPD berbasis kewirausahaan pada materi larutan penyangga. Berdasarkan analisis kebutuhan yang didapatkan dari hasil wawancara dan angket analisis kebutuhan peserta didik, Guru hanya menggunakan LKPD konvensional sehingga peserta didik kurang tertarik dalam proses belajar mengajar. Metode rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang tim validator serta angket respon yang diberikan kepada 30 peserta didik kelas XI IPA C SMA Negeri 1 Bireuen. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan rumus persentase lalu mengubahnya menjadi kalimat deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh ketiga tim validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dengan jumlah persentase 88,29% dengan kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba pada peserta didik melalui pembagian angket respon diproleh skor dengan jumlah persentase 90,20% dengan kualifikasi “sangat baik”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD kimia berbasis kewirausahaan pada materi larutan penyangga sudah dikategori dengan “sangat baik”.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Dimas Dimas
Date Deposited: 25 May 2023 03:03
Last Modified: 25 May 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29260

Actions (login required)

View Item
View Item