Analisis Pesan Foto Pada Akun Instagram Wisata Aceh Dalam Mempromosikan Wisata Laut Aceh

Riska Zulfira, 170401083 (2022) Analisis Pesan Foto Pada Akun Instagram Wisata Aceh Dalam Mempromosikan Wisata Laut Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pesan Foto Pada Akun Instagram Wisataaceh Dalam Mempromosikan Wisata Laut Aceh] Text (Analisis Pesan Foto Pada Akun Instagram Wisataaceh Dalam Mempromosikan Wisata Laut Aceh)
RISKA ZULFIRA, 170401083, KPI, Skripsi revisi (1).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Pesan Foto Pada Akun Instagram wisataaceh dalam Mempromosikan Wisata Laut Aceh. Peneliti ingin melihat bagaimana akun wisataaceh mempromosikan wisata di Aceh sehingga menghasilkan makna semiotika. Seiring berkembangnya zaman, fotografi sudah luas peranannya bukan hanya sebagai dokumentasi saja tetapi juga sudah memasuki ranah promosi. Kini, wisata sudah menjadi daya tarik bagi semua kalangan karena memiliki kekhasannya masing-masing. Promosi wisata melalui media sosial selain cepat juga sangat efektif dan salah satu akun Instagram yang bertujuan untuk promosi adalah wisataaceh. Proses mempromosikan wisata melalui postingan wisataaceh bertujuan untuk memberitahukan kepada khalayak atau calon wisatawan agar tertarik untuk berkunjung. Dan adapun permasalah yang terjadi adalah khalayak tidak sepenuhnya menerima informasi dari akun tersebut karena terbatasnya informasi yang diberikan serta tidak mengetahui pemaknaan tanda-tanda yang terdapat dalam foto wisata. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori AISAS dan menggunakan pendekatan kualitatif Roland Barthes yang mana mengkaji tanda-tanda dengan denotasi, konotasi, serta mitos untuk memahami pesan maupun makna dibalik foto-foto wisata laut yang dimuat pada akun Instagram wisataaceh. Perihal data, peneliti mengumpulkan foto wisata dari postingan akun tersebut serta mengumpulkan data sekunder berupa melakukan wawancara dengan CEO akun wisataaceh dan lima penikmat foto yang juga merupakan followers akun wisataaceh. Pada penelitian ini peneliti mengambil foto wisata bahari atau wisata laut. Hasil analisis penelitian ini yaitu menunjukkan semua terdapat makna denotasi yang jelas, sedangkan makna konotasi tidak semua foto terdapat enam komponen seperti pose, karena ada sebagian foto yang tidak terdapat makhluk hidup dan hanya menampilkan pemandangan saja. Tidak semua postingan dari akun wisataaceh menyertakan captions yang menjelaskan tentang foto tersebut serta selalu menyertakan lokasi tempat wisata agar informasi yang ingin disampaikan pihak akun wisataaceh tersampaikan dengan baik. Berdasarkan hasil wawancara dengan penikmat foto sekaligus followers akun tersebut, peneliti menemukan hasil bahwa belum sepenuhnya akun @wisataaceh memberikan informasi kepada khalayak. Serta wisatawan mencari informasi seputar wisata melalui akun Instagram wisataaceh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Riska Zulfira Riska
Date Deposited: 25 May 2023 02:44
Last Modified: 25 May 2023 02:44
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29261

Actions (login required)

View Item
View Item