Hubungan Self Compassion Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Di SOS Childrens Village Meulaboh.

Ridha Rahmi, 170901035 (2023) Hubungan Self Compassion Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Di SOS Childrens Village Meulaboh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Hubungan Self Compassion Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Di SOS Childrens Village Meulaboh] Text (Hubungan Self Compassion Dengan Kebahagiaan Pada Remaja Di SOS Childrens Village Meulaboh)
Ridha Rahmi, 170901035, PSI, PSI, 082276738099.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Aceh saat ini termasuk daerah yang kurang bahagia, dikarenakan survei Word Happiness Report mengatakan indeks kebahagiaan Aceh berada pada posisi ke-27 dari 33 provinsi se-Indonesia. Kebahagiaan sangat penting bagi remaja karena remaja yang tidak bahagia cenderung menjadi pribadi yang tertutup, tidak bersemangat dalam pendidikan dan aktivitasnya, dan menarik diri dari lingkungan. Salah satu faktor yang berkaitan dengan kebahagiaan adalah self compassion, yang mampu memberikan pemahaman dan kebaikan terhadap diri sendiri sehingga individu bisa memberikan kasih sayang dan cinta yang dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self compassion dengan kebahagiaan pada remaja di SOS Children’s Village Meulaboh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan subjek 60 remaja SOS Childrens Village Meulaboh. Skala dalam penelitian ini merujuk pada teori Neff dan skala Kebahagiaan merujuk pada teori Seligman dengan model skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh koefisien korelasi sebesar 0.472 dengan taraf signifikan 0.000 (p<0.05). Artinya bahwa terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara self compassion dengan kebahagiaan pada remaja di SOS Childrens Village Meulaboh, maknanya bahwa hipotesis yang diajukan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Self Compassion, Kebahagiaan, Remaja
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Ridha Rahmi
Date Deposited: 25 May 2023 02:51
Last Modified: 25 May 2023 02:51
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29266

Actions (login required)

View Item
View Item