Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal Di Kalangan Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh

Azis Sali Husin, 140602224 (2021) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Makanan Berlabel Halal Di Kalangan Masyarakat Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Produk Makanan Berlabel Halal] Text (Produk Makanan Berlabel Halal)
Azis Sali Husin, 140602224, FEBI, ES, 082253457656.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Labelisasi halal merupakan label yang menginformasikan kepada konsumen produk yang berlabel tersebut benar-benar halal dan bahan-bahan yang dikandungnya tidak mengandung unsur-unsur yang diharamkan secara syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman masyarakat Kecamatan Syiah Kuala terhadap produk berlabel halal, dan untuk mengetahui faktor mendasari keputusan masyarakat Kecamatan Syiah Kuala dalam membeli produk berlabel halal. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kecamatan Syiah Kuala terhadap produk berlabel halal belum benar-benar tau, ada masyarakat yang memang sudah paham dengan lebelisasi halal yang tertera pada kemasan produk makanan halal, namun demikian masih ada juga masyarakat yang memang belum mengatahui tentang lebel halal, dan bahkan makanan halal, tentu saja tanpa memperhatikan lebelisasi halal yang ada pada kemasan produk makanan halal tersebut. Ada beberapa faktor, yaitu: Pertama, faktor Agama, faktor ini menjadi faktor yang paling utama keputusan masyarakat dalam membeli produk makanan berlabel halal, sesuai dengan anjuran agama Islam. Kedua, faktor psikologis, faktor ini muncul dari stimulus dalam jiwa sesorang atas keinginan membeli produk makanan berlabel halal. Ketiga, faktor sosial, hal ini di dorong oleh kelompok acuan, keluarga, dan juga peran dari ulama. Keempat, faktor budaya yang memang sudah melekat pada masyarakat Aceh yang sudah tentu pada umumnya Islam.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Azis Sali Husin Azis
Date Deposited: 25 May 2023 02:57
Last Modified: 25 May 2023 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29268

Actions (login required)

View Item
View Item