Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 9 Banda Aceh

Muhammad Haris, 180208075 (2023) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 9 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 9 Banda Aceh] Text (Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kimia Berbasis Project Based Learning Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit Di SMA Negeri 9 Banda Aceh)
Muhammad Haris, 180208075, FTK, PKM, 082274648351.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 9 Banda Aceh yang dilatar belakangi oleh belum pernah mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis Project Based Learning pada materi Elektrolit dan Nonelektrolit. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru, proses pembelajaran hanya menggunakan LKPD konvensional atau LKPD yang monoton sehingga peserta didik kurang tertarik dalam proses belajar mengajar. Metode rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Instrumen pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari analisis kebutuhan guru dan peserta didik, lembar validasi yang dinilai oleh 3 orang tim validator serta angket respon yang diberikan kepada 25 peserta didik kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 9 Banda Aceh. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunaksn rumus persentase lalu mengubahnya menjadi kalimat deskriptif. Berdasarkan hasil validasi oleh ketiga tim validator, diperoleh skor rata-rata keseluruhan dengan jumlah persentase 94,5% dengan kualifikasi “sangat layak”. Hasil uji coba pada peserta didik melalui pembagian angket respon diproleh skor dengan jumlah persentase 81,2% dengan kualifikasi “baik”. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD kimia berbasis berbasis Project Based Learning pada materi Elektrolit dan Nonelektrolit sudah dikategori dengan baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Muhammad Haris
Date Deposited: 25 May 2023 03:04
Last Modified: 25 May 2023 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29270

Actions (login required)

View Item
View Item