Tindakan Hukum Terhadap Anggota Kepolisian Yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian Di Wilayah Hukum Polres Aceh Tenggara)

Ririn Audia, 150104064 (2023) Tindakan Hukum Terhadap Anggota Kepolisian Yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian Di Wilayah Hukum Polres Aceh Tenggara). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Tindakan Hukum Terhadap Anggota Kepolisian Yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian Di Wilayah Hukum Polres Aceh Tenggara)] Text (Tindakan Hukum Terhadap Anggota Kepolisian Yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Ditinjau Dari Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian Di Wilayah Hukum Polres Aceh Tenggara))
Ririn Audia, 150104064, FSH, HPI, 081331672527.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Tindakan Hukum Terhadap Anggota Kepolisian Yang Melakukan Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Di tinjau Dari Perspektif Hukum Islam (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Polres Aceh Tenggara)”, bertujuan untuk mengetahui proses tindakan hukum terhadap anggota kepolisian yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika di wilayah hukum Polres Aceh Tenggara. Tinjauan hukum pidana Islam terhadap tindakan hukum terhadap anggota kepolisian yang melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika di wilayah hukum Polres Aceh Tenggara. Penelitian ini menggunakan metode lapangan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Hasil penelitian diketahui bahwa tindakan hukum terhadap kasus tindak pidana penyalahgunaan Narkotika oleh pihak kepolisian dalam wilayah hukum Polres Aceh Tenggara ini dilakukan melalui peradilan umum yang disertai pembuktian barang bukti dalam pemprosesannya. Tindakan hukum pemberian sanksi berupa pencopotan jabatan kepolisian bagi pihak pelaku tindak pidana pidana penyalahgunaan Narkotika. Ditinjau dari perspektif hukum Islam tindakan hukum terhadao kasus penyalahgunaan Narkoba oleh pihak kepolisian di wilayah Aceh tenggata sudah sesuai dengan hukum Islam. Hal ini dikarenakan sanksi pelaku penyalahgunaan narkoba sanksinya adalah had dan sebagian ulama yang lain mengatakan ta’zîr sebagai sanksi tertinggi, meskipun sanksi ta’zîr itu merupakan kewenangan para hakim untuk menentukan putusannya di pengadilan bagi terdakwa pelaku kejahatan narkoba sebagai balasan atas perbuatan mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Ririn Audia
Date Deposited: 26 May 2023 02:47
Last Modified: 26 May 2023 02:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29276

Actions (login required)

View Item
View Item