Strategi Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Di Sman 12 Banda Aceh

Nonadya Muharrafah, 190206047 (2023) Strategi Supervisi Klinis Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Kinerja Guru Di Sman 12 Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar- Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Supervisi Klinis, Kepala Sekolah, Kinerja Guru] Text (Supervisi Klinis, Kepala Sekolah, Kinerja Guru)
Nonadya Muharrafah, 190206047, FTK, MPI, 082367492133.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Strategi supervisi klinis yang dilakukan oleh kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan kinerja guru dalam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Melalui supervisi ini, guru dapat mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya, sehingga kualitas pembelajaran dan kinerjanya dapat meningkat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui perencanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di SMAN 12 Banda Aceh, (2) Untuk mengetahui pelaksanaan supervisi klinis kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di SMAN 12
Banda Aceh, (3) Untuk mengetahui peluang dan tantangan supervisi klinis kepala sekolah dalam pembinaan kinerja guru di SMAN 12 Banda Aceh. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan 2 orang guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam perencanaan supervisi klinis, kepala sekolah melakukan langkah-langkah seperti menentukan tujuan supervisi klinis, mengumpulkan informasi, menentukan fokus supervisi klinis untuk setiap guru, menyusun rencana tindakan yang spesifik, menetapkan jadwal supervisi klinis, dan mengadakan pertemuan supervisi klinis. Pelaksanaan supervisi klinis terdiri dari tiga tahap yaitu pertemuan awal, observasi, dan pertemuan balikan. Tantangan yang dihadapi kepala sekolah dalam supervisi klinis adalah masalah komunikasi, kurangnya kerjasama, masalah teknis, dan tantangan waktu. Namun, supervisi klinis juga memberikan peluang untuk meningkatkan keterampilan mengajar dan kualitas pembelajaran, mengidentifikasi masalah, meningkatkan hubungan antara guru dan kepala sekolah, serta pengembangan profesional guru.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nonadya Muharrafah Nona
Date Deposited: 26 May 2023 02:46
Last Modified: 26 May 2023 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29279

Actions (login required)

View Item
View Item