Transparansi Penatausahaan Dana Desa Di Gampong Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan

Sahminan Almanda, 160802009 (2023) Transparansi Penatausahaan Dana Desa Di Gampong Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Transparansi Penatausahaan Dana Desa Di Gampong Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan] Text (Transparansi Penatausahaan Dana Desa Di Gampong Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Dana desa merupakan bentuk kongkrit pengakuan Negara terhadap hak asal-usul desa dan kewenangan lokal berskala desa. Dana desa yang cukup besar itu menuntut transparansi dari aparatur desa dalam proses pengelolaan dana desa. Dalam pengelolaan dana desa juga dibutuhkan evaluasi dan pertanggungjawaban baik terhadap pemerintahan pusat maupun kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui transparansi penatausahaan dan pertanggungjawaban pengelolaan dana desa di Desa Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif dilakukan dengan metode wawancara dan obeservasi untuk menggambarkan secara umum tentang masalah-masalah yang diteliti. Pada penelitain ini peneliti menggunakan indikator transparansi berdasarkan pendapat Kristianten, yaitu: 1) Penyediaan dan akses informasi yang jelas tentang perencanaan, prosedur pelaksanaan dan pertanggungjawaban; 2) Adanya musyawarah yang melibatkan masyarakat; 3) keterbukaan proses pengelolaan; 4) keterbukaan informasi tentang dokumen pengelolaan Dana Desa dan indikator pertanggungjawaban dana desa berdasarkan Peraturan Kementerian dalam Negeri (Permendagri) no. 113 tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa. yaitu: 1) Realisasi Anggaran; 2) Pertanggung Jawaban; 3) Musyawarah Desa dan 4) Evaluasi. Bedasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa pengelola dana desa di desa Krueng Luas kecamatan Trumon Timur kabupaten Aceh Selatan sudah dapat di kategorikan transparansi, hal ini dikarenakan telah memenuhi semua indikator transparansi yang peneliti kembangkan. Pengelolaan dana desa di desa Krueng Luas Kecamatan Trumon Timur Kabupaten Aceh Selatan juga sudah memenuhi semua indikator yang peneliti gunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.3 Koordinasi dan pengawasan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Sahminan Almanda Sahminan
Date Deposited: 26 May 2023 03:11
Last Modified: 26 May 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29281

Actions (login required)

View Item
View Item