Pemikiran Prof. Dr. Alyasa’abubakar Dalam Pelaksanaan Qanun Jinayah Di Aceh

Akmalul Riza, 140908405 (2023) Pemikiran Prof. Dr. Alyasa’abubakar Dalam Pelaksanaan Qanun Jinayah Di Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Pemikiran Prof. Dr. Alyasa’abubakar Dalam Pelaksanaan Qanun Jinayah Di Aceh] Text (Pemikiran Prof. Dr. Alyasa’abubakar Dalam Pelaksanaan Qanun Jinayah Di Aceh)
Akmalul Riza, 140908405, FSH, HPI, 085261561356.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pemikiran Alyasa’ Abubakar tentang pelaksanaan qanun jinayah di Aceh menekankan pendekatan ushul fiqh dalam setiap gagasannya. Hal ini dapat ditemukan dalam pemikirannya yang menolak pemberlakuan hukuman rajam dalam qanun jinayah. Menurutnya, hukum Islam di Aceh berbeda sekali dengan hukum yang diterapkan di negara Islam seperti Pakistan, karena hukum Islam di Aceh ini murni digali dari khazanah kebudayaan Aceh sehingga tidak serta merta dapat menerapkan hukuman rajam bagi pelaku tindak pidana. Hukuman dalam qanun jinayah di Aceh lebih menekankan kepada aspek preventive daripada represif, karenanya hukum rajam menurut beliau masih perlu kajian akademis untuk menerapkannya..
Dengan demikian, pemikiran Alyasa’ Abubakar dalam pelaksanaan Qanun Jinayah di Aceh sangatlah besar, dan kontribusinya dalam merumuskan Qanun jinayah juga sangatlah patut kita apresiasi, sebab kapabilitas beliau sebagai tokoh intelektual Aceh serta dedikasi beliau yang sangat tinggi dalam mewujudkan hukum Islam di Aceh dan juga diharapkan semoga Qanun Jinayah ini akan menjadi pedoman fiqh jinayah di Nusantara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Akmalul Riza
Date Deposited: 26 May 2023 02:52
Last Modified: 26 May 2023 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29284

Actions (login required)

View Item
View Item