Gaya Komunikasi Bahasa Aneuk Jamee(Studi Pada Mahasiswa Aceh Selatan Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh)

Khairunnas, 170401093 (2023) Gaya Komunikasi Bahasa Aneuk Jamee(Studi Pada Mahasiswa Aceh Selatan Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Gaya Komunikasi Bahasa Aneuk Jamee (Studi Pada Mahasiswa Aceh Selatan Di Universitas Islam Negeri  Ar-Raniry Banda Aceh)] Text (Gaya Komunikasi Bahasa Aneuk Jamee (Studi Pada Mahasiswa Aceh Selatan Di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh))
Khairunnas, 170401093, FDK, KPI, 082278696815.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Gaya bahasa komunikasi di kalangan mahasiswa asal Aceh Selatan yang berbahasa Aneuk Jamee juga memperlihatkan adanya gaya bahasa yang ketertarikan dari kalangan mahasiswa suku lain dan tidak sedikit pula mahasiswa menilai gaya bahasa mahasiswa asal Aceh Selatan tersebut banyak mengandung unsur ejekan terhadap lawan komunikasinya. Hal ini tentu adanya masalah penilaian dari kalangan pendengar saat menyaksikan dan mendengar percakapan mahasiswa asal Aceh Selatan dalam menuturkan bahasa Aneuk Jamee saat berkomunikasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya komunikasi bahasa aneuk Jamee pada kalangan mahasiswa Aceh Selatan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh serta faktor yang mempengaruhi gaya komunikasi bahasa aneuk Jamee pada kalangan mahasiswa Aceh Selatan di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana prosedur dalam penelitian yang dihasilkan berupa data yang deskriptif yaitu kata-kata tertulis atau jawaban dari beberapa narasumber dan hasil dari wawancara dan observasi secara langsung di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa gaya komunikasi bahasa Aneuk Jamee di kalangan mahasiswa asal Aceh Selatan dapat dilihat dari intonasi suaranya saat berkomunikasi yang disebabkan oleh lawan komunikasi serta lokasi tempat berkomunikasi. Pesan komunikasi yang disampaikan juga membuat gaya berkomunikasi mahasiswa Aceh Selatan berbeda satu sama lainnya. Gaya komunikasi bahasa Aneuk Jamee di kalangan mahasiswa Aceh Selatan dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu lawan bekomunikasi, lokasi berkomunikasi serta faktor asal mahasiswa tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Khairunnas Khairunnas
Date Deposited: 26 May 2023 03:11
Last Modified: 26 May 2023 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29288

Actions (login required)

View Item
View Item