Implementasi Senam Berok Gayo dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Keumala Bhayangkari 09 Cabang Aceh Tengah.

Hevi Niara, 180210005 (2023) Implementasi Senam Berok Gayo dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Keumala Bhayangkari 09 Cabang Aceh Tengah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Implementasi Senam Berok Gayo dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Keumala Bhayangkari 09 Cabang Aceh Tengah] Text (Implementasi Senam Berok Gayo dalam Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik Anak di TK Keumala Bhayangkari 09 Cabang Aceh Tengah)
Hevi Niara, 180210005, FTK, PIAUD, 082260220659.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

aktivitas senam traditional yang diminati oleh anak. Senam traditional adalah aktivitas yang tepat untuk memberikan stimulasi dikarenakan anak menyukai gerak dan diiringi musik dan lagu ceria. Oleh sebab itu anak tidak hanya melakukan senam traditional namun juga dapat mengenal kearifan lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi senam Berok gayo dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak di TK Keumala Bhayangkari 09 cabang Aceh Tengah. Masalah yang akan dibahas di penelitian ini adalah bagaimana implementasi senam Berok gayo dalam mengembangkan kecerdasan kinestetik anak di TK Keumala Bhayangkari 09 cabang Aceh Tengah Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa pelaksanaan senam Berok Gayo dilaksanakan dua kali dalam sepekan. Kegiatan dimulai dengan berbaris, lalu melafalkan doa, setelah itu bernyanyi dan dilanjutnya dengan senam Berok Gayo.Sarana dan prasarana yang disiapkan berupa media tempurung kelapa (Berok). Pengembangan kecerdasan kinestetik melalui kegiatan senam Berok Gayo terlaksana dengan baik, ditunjukkan melalui rencana, pelaksanaan dan evaluasi oleh guru pada kegiatan senam Berok Gayo. Kesimpulannya implementasi senam Berok Gayo berhasil dalam meningkatkan kecerdasan kinestetik anak di TK Keumala Bhayangkari Cabang Aceh Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Senam Berok Gayo, Kecerdasan Kinestetik
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Hevi Niara
Date Deposited: 26 May 2023 03:01
Last Modified: 26 May 2023 03:01
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29289

Actions (login required)

View Item
View Item