Analisis Karakter Peduli Sosial dan Tanggung JawabAnak Usia Dini di TK ABA Ulee Kareng.

Viskawati, 180210076 (2023) Analisis Karakter Peduli Sosial dan Tanggung JawabAnak Usia Dini di TK ABA Ulee Kareng. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Analisis Karakter Peduli Sosial dan Tanggung  JawabAnak Usia Dini di TK ABA Ulee Kareng] Text (Analisis Karakter Peduli Sosial dan Tanggung JawabAnak Usia Dini di TK ABA Ulee Kareng)
Viskawati, 180210076, FTK, PIAUD, 081371416451.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ulee Kareng terkait permasalahan karakter peduli sosial dan tanggung jawab anak masih belum terbentuk secara optimal. Hal ini terlihat saat peneliti mengamati kegiatan belajar anak dimana karakter peduli sosial dan tanggung jawab anak masih rendah, terdapat beberapa anak yang bersikap acuh terhadap teman yang sedang menangis atau terjatuh, mengejek teman lainnya, dan ketika anak lainnya sedang bercerita dengan teman akrabnya anak tersebut tidak mengajak teman lainnya untuk bergabung. Beberapa anak di sekolah yang tidak mengikuti aturan kelas, anak yang tidak meletakkan kembali mainan yang telah dimainkannya, pada saat diberi tugas oleh guru anak-anak tidak mengerjakannya dengan baik, pada saat antri menunggu giliran anak-anak tidak tertib dalam menunggu giliran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis karakter peduli sosial dan tanggung jawab anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ulee Kareng. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan jumlah subjek tiga orang anak. Teknik Pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pengolahan data hasil observasi analisis karakter peduli sosial dan tanggung jawan anak usia dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Ulee Kareng ditemukan bahwa pembentukan karakter peduli sosial dan tanggung jawab pada tiga indikator dari masing-masing sub variabel karakter ketiga subjek menunjukkan hasil dominan belum berkembang (BB) dan mulai berkembang (MB).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Karakter peduli sosial, tanggung jawab.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Viskawati Viskawati
Date Deposited: 26 May 2023 03:16
Last Modified: 26 May 2023 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29291

Actions (login required)

View Item
View Item