Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMAN 11 Banda Aceh

M. Syawqi, 170201209 (2023) Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMAN 11 Banda Aceh. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMAN 11 Banda Aceh] Text (Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Siswa Di SMAN 11 Banda Aceh)
Untitled.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Karakter merupakan ciri khas atau sifat dasar yang ada pada setiap manusia. Setiap manusia dianugrahkan kelebihan dan kekurangan oleh Allah Swt. berupa akal dan bimbingan agama supaya manusia dapat menjadi insan kamil. Seiring dengan perkembangan globalisasi, nilai-nilai dari karakter semakin lama semakin hilang seperti kejujuran, kedisplinan, kesopanan, kesantunan berbahasa dan lain sebagainya. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengembalikan nilai-nilai karakter tersebut yaitu melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam memiliki peranan yang sangat penting dalam pembentukan karakter siswa yang Islami, membimbing siswa dan menanamkan pemahaman dalam diri siswa sehingga siswa memiliki karakter atau kepribadian yang santun, jujur, disiplin dan berguna bagi sesama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah tentang: (1) Apakah ada pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMAN 11 Banda Aceh. (2) Seberapa besar pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa di SMAN 11 Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian asosiatif. Adapun populasinya yaitu seluruh siswa kelas XI di SMAN 11 Banda Aceh. Sampel yang diambil lebih kurang sebanyak 15% dari 193 siswa yaitu 30 siswa kelas XI. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Pendidikan Agama Islam tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pembentukan karakter siswa kelas XI di SMAN 11 Banda Aceh. Hal ini berdasarkan hasil analisis uji hipotesis yang menunjukkan bahwa nilai thitung diperoleh sebesar 1.530 atau posistif dengan taraf signifikansi 0,137. Hal ini berarti nilai thitung 1.530 < ttabel 2,048 dan tingkat signifikansinya 0,137 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini menolak Ha dan menerima H0. Artinya tidak ada pengaruh yang signifikan dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa kelas XI di SMAN 11 Banda Aceh serta berdasarkan uji pengaruh yang dilakukan diperoleh besarnya pengaruh pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam pembentukan karakter siswa yaitu sebesar 7,7% dalam artian bahwa sebesar 92,3% lagi dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.7 Kesejahteraan Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Syawqi Syawqi
Date Deposited: 26 May 2023 03:28
Last Modified: 26 May 2023 03:28
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29294

Actions (login required)

View Item
View Item