Pengembangan Ape Bentuk Geometri Terhadap Perkembangan Kemampuan Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun

Meri Irawati, 170210042 (2023) Pengembangan Ape Bentuk Geometri Terhadap Perkembangan Kemampuan Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengembangan Ape Bentuk Geometri Terhadap Perkembangan Kemampuan Simbolik  Anak Usia 4-5 Tahun] Text (Pengembangan Ape Bentuk Geometri Terhadap Perkembangan Kemampuan Simbolik Anak Usia 4-5 Tahun)
Meri Irawati, 170210042, FTK, PIAUD, 082362738797.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal, permasalahan yang ada di TK Al-Amin Lawe Cimanok adalah kurangnya APE yang mendukung kemampuan berpikir simbolik anak. Rumusan masalah adalah Bagaimana pengembangan dan kelayakan APE Bentuk Geometri terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun.Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Development) dengan modelpengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu, tahap Analysis,Design, Development, Implementation, dan tahap Evaluation. Data diperoleh dari lembar validasi materi APE bentuk geometri oleh ahli materi dengan hasil persentase dari kedua validator sebesar 90%dengan jumlah frekuensi 8, didapatkan bahwa jumlah skor dari kedua validator adalah 36, maka jumlah rata-rata skor skala likert 4,5 dengan skor maksimal adalah 40. Sedangkan untuk penilaian lembar validasi ahli media dengan jumlah frekuensi 13, didapatkan bahwa jumlah skor dari kedua validator adalah 57,5, maka jumlah rata-rata skor skala likert 4,4 dengan skor maksimal adalah 65, sehingga memperoleh hasil persentase 88%. Kemudian untuk penilaian lembar observasi jumlah skor dari validator adalah 609, berdasarkan total peserta uji coba 22 anak dan pertanyaan untuk satu anak 6 pertanyaan maka total jumlah pertanyaan adalah 132, sehingga rata-rata skor skala likert 4,6. Dengan banyak butir pertanyaan 6 dan banyak total skor skala likert 110, maka jumlah skor total ideal 660 dengan hasil persentase 79% yang berarti kemampuan berpikir simbolik anak berkembang sangat baik. Dari hasil persentase tersebut menunjukkan bahwa APE bentuk geometri dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun dan sangat layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Meri Irawati
Date Deposited: 26 May 2023 03:18
Last Modified: 26 May 2023 03:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29295

Actions (login required)

View Item
View Item