Penerapan Model Group Investigation Dan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya

Andra Nurzia, 1802090087 (2023) Penerapan Model Group Investigation Dan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Model Group Investigation Dan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya] Text (Penerapan Model Group Investigation Dan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas V SDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya)
Andra Nurzia, 180209087, FTK, PGMI, 082294190410.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Hasil observasi awal pada proses pembelajaran di SDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya terlihat bahwa siswa kurang memahami tentang konsep pembelajaran, sehingga berdampak negatif terhadap kemampuan siswa dalam belajar. karena pada proses tersebut, guru hanya menerapkan metode ceramah saja, sehingga membuat banyak siswa kurang semangat belajar. Pada proses pembelajaran berlangsung banyak siswa yang kurang memperhatikan penjelasan guru. Oleh karena itu, dilakukan upaya perbaikan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah menggunakan model group investigation dan media realia pada Tema Peristiwa dalam Kehidupan. Tujuan penelitian ini (1) Untuk mendeskripsikan aktivitas guru. (2) Untuk mendeskripsikan aktivitas siswa. (3) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap penerapan model group investigation dan media realia di kelas V SDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya yang berjumlah 20 siswa.Teknik dan instrumen penelitian ini adalah (1)lembar observasi aktivitas guru, (2) lembar observasi aktivitas siswa, (3) Soal Tes. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian aktivitas guru pada siklus I sudah mencapai kategori Cukup dengan nilai (65,86%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (94.48 %),dengan kategori Baik sekali. Sedangkan aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori cukup dengan nilai(63,05%),dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (95.6 %) dengan kategori baik sekali. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai kategori kurang dengan nilai (50%), dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai (90%) dengan kategori baik sekali.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model Group Investigationdengan media realia untuk meningkatkan hasil belajar siswa dikelasVSDN 15 Seunaloh Aceh Barat Daya sudah tercapai.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Andra Nurzia
Date Deposited: 26 May 2023 03:25
Last Modified: 26 May 2023 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29296

Actions (login required)

View Item
View Item