Mekanisme Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Cabang Ulee Kareng

Nana Putrawardana, 140601038 (2017) Mekanisme Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah Pada Baitul Qiradh Baiturrahman Cabang Ulee Kareng. Diploma thesis, UIN Ar-Raniry.

[img]
Preview
Text (MURABAHAH)
Nana Putrawardana.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penulis melakukan Kerja Praktik pada Baitul Qiradh Baiturrahman Cabang Ulee Kareng. Selama penulis melakukan Kerja Praktik, penulis diposisikan pada bagian Marketing di bagian tersebut penulis melakukan kegiatan seperti pengenalan produk kepada calon nasabah. Baitul Qiradh Baiturrahman Cabang Ulee Kareng memiliki sumber pembiayaan yaitu Pembiayaan Murabahah Yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian dengan memberikan pembiayaan yang digunakan sebagai modal usaha, akan tetapi pada pelaksaannya banyak terdapat pembiayan-pembiayaan yang bermasalah. Oleh karena itu tujuan dari penulisan laporan kerja praktik ini adalah untuk mengetahui Mekanisme Penyelesaian Pembiayaan Murabahah Bermasalah pada Baitul Qiradh Baiturrahman Cabang Ulee Kareng. Setelah penulis amati kebijakan yang ditetapkan oleh Baitul Qiradh Baiturrahman telah sesuai dengan Standar Operasional Prosedur, yang dimana pihak Baitul Qiradh Baiturrahman dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah terdapat beberapa langkah yang digunakan yaitu berkunjung ke tempat nasabah, mengirim surat pemberitahuan serta langkah Rescheduling, Reconditioning, melakukan pelelangan terhadap jaminan, dan apabila terjadi sengketa maka pembiayaan akan diselesaikan melalui jalur Arbitrase dan Pengadilan Agama. Diharapkan Baitul Qiradh Baiturrahman Cabang Ulee Kareng dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah dapat meningkatkan kinerja dan ketegasan pegawai untuk terhindar dari nasabah yang tidak Kooperatif. Sehingga dalam menyelesaikan pembiayaan bermasalah tidak terjadi sengketa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. Nilam Sari, M.Ag; NIP.197103172008012007. 2. Muhammad Arifin, Ph.D NIP.197410152006041002.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.2 Mu'amalat > 2X4.27 Bank, Termasuk Baitul Mal Wat Tamwil
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > D3 Perbankan Syariah
Depositing User: Nana Putrawardana
Date Deposited: 18 Aug 2017 06:47
Last Modified: 18 Aug 2017 06:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/293

Actions (login required)

View Item View Item
TOP