Peranan Panti Asuhan Islam Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Keagamaan Anak

Pocut Ika Savira, 180402046 (2023) Peranan Panti Asuhan Islam Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Keagamaan Anak. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Peranan Panti Asuhan Islam Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Keagamaan Anak] Text (Peranan Panti Asuhan Islam Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Keagamaan Anak)
Pocut Ika Savira, 180402046, FDK, BKI, 085337351478.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan Panti Asuhan Islam Media Kasih Banda Aceh Dalam Meningkatkan Keagamaan Anak”. Latar belakang kehidupan seseorang ikut mempengaruhi sikap seseorang yang menentukan keberhasilannya. Peran panti asuhan dalam meningkatkan keagamaan anak memiliki peran dalam memberikan bimbingan kepada anak asuh sebagai pembekalan dan pengembangan keagamaan sehingga anak dapat memahami agama yang telah dipelajari dan dapat menjadi bekal hidupnya nanti. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana peranan Panti Asuhan Islam Media Kasih dalam meningkatkan keberagamaan anak asuhnya dan Metode apa yang digunakan orang tua asuh dalam meningkatkan keagamaan anak di Panti Asuhan Islam Media Kasih Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan panti asuhan Islam Media Kasih dalam meningkatkan keberagamaan anak asuhnya, Mengetahui Metode yang digunakan orang tua asuh dalam meningkatkan keagamaan anak di Panti Asuhan Islam Media Kasih Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan adalah sumber data yang diperoleh langsung dari pengasuh dan 5 anak asuh di panti asuhan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengasuh telah berperan dalam proses meningkatkan keagamaan anak asuh, dalam meningkatkan keagamaan anak terdapat metode-metode yang dilaksanakan dalam pelaksanaan kegiatan di panti asuhan tersebut, metode yang digunakan untuk meningkatkan keagamaan anak yaitu dengan menggunakan metode ceramah, konseling (nasehat), diskusi, dan keteladanan. Pelaksanaan kegiatan keagamaan dilakukan pada setiap hari Senin, Rabu, dan Sabtu dimulai dari pukul 16.00-17.30 WIB dan dilanjutkan sehabis shalat magrib sampai jam 20.00 WIB. Dengan pelaksanaan kegiatan keagamaan melalui metode-metode yang diterapkan di panti asuhan tersebut memberikan dampak perubahan dalam sifat keagamaan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Pocut Ika Savira Pocut
Date Deposited: 26 May 2023 03:41
Last Modified: 26 May 2023 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29301

Actions (login required)

View Item
View Item