Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Di MAN 7 Pidie

Nadiatul Husna, 190206048 (2023) Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Di MAN 7 Pidie. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Di MAN 7 Pidie] Text (Pengawasan Kepala Madrasah Dalam Implementasi Kurikulum Di MAN 7 Pidie)
Nadiatul Husna, 190206048, FTK, MPI, 081261228677.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kepala madrasah berperan penting dalam mengimplementasikan kurikulum pendidikan, yaitu sebagai pengawas untuk mengatur kesesuaian pembelajaran dengan lingkungan, perkembangan ilmu pengetahuan dan tahap perkembangan peserta didik sehingga nantinya dapat meningkatkan kualitas madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengawasan kepala madrasah dalam pelaksanaan kurikulum dan evaluasi kurikulum di MAN 7 Pidie serta kendala dalam mengimplementasikan kurikulum MAN 7 Pidie. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan waka kurikulum. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Dalam melakukan pelaksanaan terhadap kurikulum di MAN 7 Pidie, Kepala Madrasah memperhatikan beberapa hal yaitu: a.) Karakteristik peserta didik, b.) Lingkungan sekitar madrasah, dan c.) Hasil akhir belajar dari peserta didik. (2) Evaluasi kurikulum yang dilakukan oleh Kepala Madrasah di MAN 7 Pidie dilakukan dengan membuat rapat eveluasi kurikulum sekaligus dengan rapat hasil evaluasi belajar peserta didik yang dilakukan di akhir tahun pembelajaran. (3) Kendala yang dihadapi Kepala Madrasah dalam melaksanakan implementasi terhadap kurikulum di MAN 7 Pidie yaitu: a.) Sarana dan prasarana yang kurang memadai, b.) Kurangnya minat belajar dari peserta didik, dan c.) Mutu guru yang masih rendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Nadiatul Husna Nadia
Date Deposited: 26 May 2023 03:41
Last Modified: 26 May 2023 03:41
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29302

Actions (login required)

View Item
View Item