Implementasi Pendekatan Scientivic Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Untuk Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Aceh

M. Chalis, 2008017201 (2023) Implementasi Pendekatan Scientivic Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Untuk Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Banda Aceh.

[thumbnail of Sertifikat HKI dan Laporan Penelitian : Implementasi Pendekatan Scientivic Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Untuk Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Aceh] Text (Sertifikat HKI dan Laporan Penelitian : Implementasi Pendekatan Scientivic Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis Untuk Peningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa Madrasah Aliyah Negeri Di Provinsi Aceh)
M. Chalis, Muthmainnah Sulaiman..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan scientivic pada pembelajaran al-qur’an hadis untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap ilmiah siswa Madrasah Aliyah Negeri di provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan motode kualitatif dengan
subjek 13 orang terdiri dari 3 kepala dan 10 orang guru yang bertugas pada 3 Madrasah Aliyah Negeri di tiga Kabupaten dan Kota di provinsi Aceh. Penentuan subjek penelitian tersebut dilakukan secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan; wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang diperoleh; (1) strategi implementasi pendekatan saintifik pada pembelajaran Al-Qur’an hadis pada Madrasah Aliyah Negeri di provinsi Aceh diawali dengan perencanaan pelaksanaan pembelajaran berbasis saintifk dan penerapan langkah-langkah saintifik dalam proses
pembelajaran Al-Qur’an hadis, (2) Penerapan pendekatan saintifik berimplikasi terhadap peningkatan berpikir kritis siswa dengan indikator peserta secara aktif melakukan aktivitas belajar, seperti bertanya dan berdiskusi. Selain itu, berimplikasi juga terhadap peningkatan sikap ilmiah
dengan indikaor; sikap ingin tahu peserta didik dalam proses pembelajaran hadis meningkat, sikap respek (objektif dan jujur) dalam belajar, sikap berpikir kritis, sikap kreatif, sikap terbuka dalam kerjasama kelompok, tekun, dan peserta didik menunjukkan sikap peduli antar sesama, dan (3)
Hambatan implementasi pendekatan saintifik karena disebabkan faktor internal sebagian peserta didik belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran. Sedangkan faktor ekternal dilihat dari aspek media pembelajaran masih terbatas yang tersediap pada madrasah. Namun demikian secara keseluruhan proses pembelajaran Al-Qur’an hadis dengan implementasi pendekatan saintifik dapat terlaksana sukses yang didukung
dengan inisiatif guru dalam penyediaan media.

Item Type: Other
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M. Chalis Chalis
Date Deposited: 29 May 2023 03:21
Last Modified: 29 May 2023 03:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29304

Actions (login required)

View Item
View Item