Turnitin - Paradigma Islam Wasatiyah Ulama Aceh:Studi Pemikiran Tu Sop Jeunieb

Teuku Zulkhairi, 2015088501 Turnitin - Paradigma Islam Wasatiyah Ulama Aceh:Studi Pemikiran Tu Sop Jeunieb. Dayah : Journal of Islamic Education, 5 (2). pp. 238-265. ISSN 2614-2694

[thumbnail of Artikel ini menjelaskan tentang paradigma Islam wasathiyah seorang ulama Aceh yang dikenal dengan panggilan Tu Sop Jeunieb] Text (Artikel ini menjelaskan tentang paradigma Islam wasathiyah seorang ulama Aceh yang dikenal dengan panggilan Tu Sop Jeunieb)
cek jurnal Artikel untuk jurnal dayah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Artikel ini memaparkan paradigma pemikiran Islam Wasaṭiyah salah seorang ulama Aceh, Tgk. H. Muhammad Yusuf A. Wahab atau lebih dikenal dengan panggilan Tu Sop Jeunieb yang saat ini menjabat sebagai Ketua Himpunan Ulama Dayah Aceh (HUDA). Tu Sop aktif berdakwah dengan lisan dan perbuatan. Untuk memperluas jangkauan dakwahnya, Tu Sop juga memanfaatkan sarana-sarana dakwah modern seperti media sosial, radio, website dan lainnya. Cakupan dakwahnya meliputi aspek politik, sosial, moral spiritual, akidah dan akhlak, motivasi dan pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan objek studi pemikiran tokoh. Data dikumpulkan melalui telaah dokumen, observasi dan wawancara mendalam. Data kemudian dianalisis secara interpretatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran Tu Sop Jeunieb mempengaruhi aspek-aspek pendekatan moderasi Islam atau pandangan “pertengahan” dalam beragama. Narasi Tu Sop selalu berada di tengah antara dua benturan dengan tujuan menemukan titik temu dalam perbedaan. Tu Sop memandang mazhab Ahlusunnah wal Jamā'ah secara Wasatiyah. Paradigma Islam Wasatiyah Tu Sop Jeunieb antara lain berorientasi pada persatuan (Wiḥdat al Ummah), berakhlak dan menjaga akhir rasa aman, keseimbangan antara dunia dan alam, keseimbangan antara akal dan teks suci, orientasi pada kebaikan, hikmah dan nasehat yang baik, menolak segala macam penyimpangan. Hasil penelitian ini sangat penting sebagai pedoman dalam membumikan konsep Islam Wasaṭiyah yang semakin dibutuhkan akhir-akhir ini, khususnya saat umat Islam menghadapi berbagai potensi konflik dan perpecahan.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 203 Ibadah Umum dan Praktik lainnya
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
200 Religion (Agama) > 205 Etika Agama
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
200 Religion (Agama) > 297.2 Teologi Dokrin Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teuku Zulkhairi Zulkhairi
Date Deposited: 31 May 2023 03:08
Last Modified: 31 May 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29311

Actions (login required)

View Item
View Item