Turnitin - Efektivitas Penggunaan Metode A Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh

Teuku Zulkhairi, 2015088501 and Nadyatul Hikmah, 2023 and Saifullah Isri, 2023 Turnitin - Efektivitas Penggunaan Metode A Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh. Jurnal Mudarrisuna : Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12 (3). pp. 735-754. ISSN 2089-5127

[thumbnail of Tulisan ini menjelaskan tentang Efektivitas Penggunaan Metode A Ba Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh] Text (Tulisan ini menjelaskan tentang Efektivitas Penggunaan Metode A Ba Ta Tsa dalam Pembelajaran Al-Qur'an di LTQA Ibnu Mas'ud Beurawe Banda Aceh)
Jurnal 1 Efektifitas Metode A Ba Ta Tsa.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan cara yang di tempuh oleh tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pelajaran guna mencapai tujuan pembelajaran yang efektif. Diantar metode yang digunakan untuk mengentaskan buta huruf al-Qur’an adalah metode A Ba Ta Tsa pada Lembaga Tahfizh Qur’an Anak (LTQA) Ibnu Mas’ud Desa Beurawe Banda Aceh, Namun dalam pelaksanaannya masih ada tenaga pendidik yang belum menerapkan metode A Ba Ta Tsa dengan baik dan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an dengan penggunaan metode A Ba
Ta Tsa, untuk mengetahui kompetensi dan profesionalisme guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa dan untuk menemukan solusi dari problematika yang terjadi dalam proses pelaksanaan pembelajaran ak-Qur’an berbasis metode A ba Ta Tsa di LTQA Ibnu Mas’ud Desa Beurawe Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah tenaga pendidik dan santriwati. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an
dengan menggunakan metode A Ba Ta Tsa sudah efektif dengan pencapaian rata-rata setiap siklus adalah 89%, kompetensi dan profesionalisme guru dalam menggunakan metode A Ba Ta Tsa sudah sangat baik serta setiap ada problematika selalu menemukan solusi untuk menyelesaikannya. Sehingga penggunaan metode A Ba Ta Tsa di LTQA Ibnu Mas’ud sudah diterapkan dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 207 Misi dan Pendidikan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Teuku Zulkhairi Zulkhairi
Date Deposited: 31 May 2023 03:08
Last Modified: 31 May 2023 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29312

Actions (login required)

View Item
View Item