Term Of Reference (TOR) Workshop Sosialisasi SKPI Kepada Para Wadek dan Program Studi dalam Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Khatib A. Latief, 2011026501 (2023) Term Of Reference (TOR) Workshop Sosialisasi SKPI Kepada Para Wadek dan Program Studi dalam Lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Manual. LPM UIN Ar-Raniry, Banda Aceh.

[thumbnail of Term of Reference (TOR) Workshop Sosialisasi SKPI kepada para Wadek dan Program Studi di dalam lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Ace menjelaskan prosedur dan tatacara pelaksanaan sosialisasi sehingga output yang diharapkan tercapai.h.] Text (Term of Reference (TOR) Workshop Sosialisasi SKPI kepada para Wadek dan Program Studi di dalam lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Ace menjelaskan prosedur dan tatacara pelaksanaan sosialisasi sehingga output yang diharapkan tercapai.h.)
TOR Sosialisasi SKPI ke Wadek dan Prodi 12-13 Juni 2024.pdf - Published Version

Download (482kB)

Abstract

Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) atau Diploma Supplement adalah surat pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh UIN Ar-Raniry Banda Aceh, berisi informasi tentang pencapaian akademik atau kualifikasi dari lulusan. Kualifikasi lulusan diuraikan dalam bentuk narasi deskriptif yang menyatakan capaian pembelajaran lulusan pada jenjang KKNI yang relevan, dalam suatu format standar yang mudah dipahami oleh masyarakat umum.
SKPI bukan pengganti dari ijazah dan bukan transkrip akademik. SKPI juga bukan media yang secara otomatis memastikan pemegangnya mendapatkan pengakuan. SKPI adalah narasi deskriptif kualitatif tentang simbol-simbol nilai pembelajaran yang dicapai mahasiswa. Tujuan umum dari SKPI adalah untuk meningkatkan transparansi kualifikasi akademik dan profesi yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.
UIN Ar-Raniry Banda Aceh harus menerbitkan SKPI sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 44 ayat 1 sampai dengan ayat 3, Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi sebagai keterangan resmi tentang kompetensi lulusan sekaligus dapat digunakan lulusan untuk mendapat pekerjaan yang sesuai dengan keahliannya. Ketentuan tersebut dipertegas kembali pada Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi di mana setiap program studi wajib dilengkapi dengan target capaian pembelajaran sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan program terhadap para pemangku kepentingan (stakeholders).

Item Type: Monograph (Manual)
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 650 Management & Public Relations (Manajemen dan Humas) > 658 Manajeman Umum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Khatib A. Latief
Date Deposited: 28 May 2023 16:40
Last Modified: 28 May 2023 16:40
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29314

Actions (login required)

View Item
View Item