Penggunaan Media Booklet Untuk Menambah Kosakata Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh)

Ulfa Luthfia, 180202033 (2023) Penggunaan Media Booklet Untuk Menambah Kosakata Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penggunaan Media Booklet Untuk Menambah Kosakata Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh)] Text (Penggunaan Media Booklet Untuk Menambah Kosakata Pada Siswa (Penelitian Eksperimen Di MTsN 1 Banda Aceh))
Ulfa Luthfia, 180202033, FTK, PBA, 085361615446.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (12MB)

Abstract

Buklet adalah buku kecil dan tipis yang berisi informasi dan disertai dengan gambar. Peneliti menemukan permasalahan di kelas VIII MTsN 1 Banda Aceh, kurangnya minat siswa dalam mempelajari bahasa Arab, kesulitan dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab, khususnya dalam pembelajaran kosa kata menghadapi masalah dalam praktik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media booklet dalam menambah kosa kata pada siswa dan untuk mengetahui respon siswa terhadap penggunaan media booklet dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penulisan skripsi ini adalah eksperimen, dengan desain One Group Pre-test Post-test. Peneliti menggunakan pre-test, post-test, dan angket sebagai alat penelitian, dan sampel terdiri dari 38 siswa di kelas VIII-5. Peneliti menemukan bahwa penggunaan media booklet berpengaruh dalam menambah kosa kata pada siswa. Buktinya hasil pre-test adalah 69 dan hasil post-test adalah 88. Hasil respon siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan metode booklet memperoleh derajat baik. Terbukti dari angket siswa, hasil persentase positifnya lebih banyak daripada persentase negatifnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Ulfa Luthfia
Date Deposited: 29 May 2023 02:18
Last Modified: 29 May 2023 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29315

Actions (login required)

View Item
View Item