Pengaruh Pengetahuan dan Sosialisasi Perbankan Syariah Terhadap Minat Santri Menggunakan Bank Syariah (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Ar-raudhatun Nabawiyah)

Darnil Muqaddas, 190603380 (2023) Pengaruh Pengetahuan dan Sosialisasi Perbankan Syariah Terhadap Minat Santri Menggunakan Bank Syariah (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Ar-raudhatun Nabawiyah). Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang pengaruh pengetahuan dan sosialisasi perbankan syariah] Text (Membahas tentang pengaruh pengetahuan dan sosialisasi perbankan syariah)
Darnil Muqaddas .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Nama : Darnil Muqaddas
NIM : 190603380
Fakultan/Prodi Judul : Ekonomi dan Bisnis Islam/Perbankan Syariah
Pembimbing I: : Pengaruh Pengetahuan Dan Sosialisasi
Perbankan Syariah Terhadap Minat Santri Menggunakan Produk Bank Syariah (Studi Pada Santri Pondok Pesantren Ar-Raudhatun Nabawiyah)
Pembimbing II : Dr. Muhammad Yasir Yusuf, S.Ag., M.Ag : Muksal, M.E.I

ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengetahuan santri akan bank syariah, dengan tingkat pengetahuan dan sosialisasi yang mereka terima masih terdapat keraguan terhadap bank syariah dikalangan santri akan kesesuaian akad syariah yang dijalakan oleh bank syariah. Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan sosialisasi perbankan syariah terhadap minat santri menggunakan produk bank syariah studi pada santri pondok pesantren Ar-Raudhatun Nabawiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada 81 responden sebagai sampel, peneliti melakukan pengujian statisitk menggunakan model regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat santri menggunakan produk bank syariah dengan nilai uji t sebesar 0,003 < 0,05. Sosialisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat santri menggunakan produk bank syariah dengan nilai uji t sebesar 0,007 < 0,05. Pengetahuan dan sosialisasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat santri menggunakan produk bank syariah dibuktikan dengan uji F sebesar 0,000 < 0,05, dengan tingkat koefisien determinasi R2 sebesar 27,4%. Diharapkan kepada praktisi perbankan syariah agar dapat melakukan sosialisasi ke pondok pesantren Ar-Raudhatun Nabawiyah agar bisa menambah pengetahuan santri tentang perbankan syariah agar tidak menimbulkan persepsi yang keliru mengenai sistem operasional bank syariah
Kata kunci: akad, pengetahuan, sosialisasi, minat santri

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 204 Pengalaman, Hidup, Praktik keagamaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Darnil Muqaddas
Date Deposited: 29 May 2023 03:20
Last Modified: 29 May 2023 03:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29319

Actions (login required)

View Item
View Item