Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Utara

Rauzatul Jannah, 190209039 (2023) Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Utara. Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk  Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Utara] Text (Penggunaan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 2 Aceh Utara)
SKRIPSI siap SIDANG OJA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi peneliti di MIN 2 Aceh Utara, sebagian hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA belum mencapai KKM (68). Hal ini disebabkan oleh kurangnya media yang mendukung proses pembelajaran sehingga membuat siswa sulit memahami materi pelajaran yang disampaikan, dan siswa mudah bosan dengan suasana pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media video pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 2 Aceh Utara yang berjumlah 24 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan tes. Data hasil tes dianalisis berdasarkan nilai KKM (68) dengan ketuntasan klasikal ≤85%. Hasil analisis observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 74,03% kategori baik dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,30% kategori sangat baik, hasil analisis observasi aktivitas siswa pada siklus I yaitu 62,5% kategori cukup dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 92,30% kategori sangat baik. Adapun hasil belajar siswa pada siklus I 58,33% katagori cukup, siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,66% kategori sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Aceh Utara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rauzatul Jannah Rauzatul
Date Deposited: 29 May 2023 03:13
Last Modified: 29 May 2023 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29327

Actions (login required)

View Item
View Item