Upaya Guru/Ustadz Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga

Mulyassir, 211222466 (2023) Upaya Guru/Ustadz Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Upaya Guru/Ustadz Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga] Text (Upaya Guru/Ustadz Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga)
Mulyassir, 211222466, FTK, PAI, 082363102015.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Kecerdasan spiritual merupakan hal yang sangat penting dalam proses belajar mengajar, apabila peserta didik dibekali dengan kecerdasan spiritual yang tinggi maka akan sangat membantu, diantaranya dapat membentuk kepribadian yang berakhlakul karimah, sehingga hambatan-hambatan dalam kehidupan bisa diatasi apalagi bagi penuntut ilmu di lembaga pendidikan Islam, oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tersebut dengan judul: “Upaya Guru/Ustadz Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Santri Dayah Ummul Ayman Samalanga”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana peningkatan kecerdasan spiritual kepada santri di dayah tersebut, Serta strategi dan faktor yang paling berpengaruh terhadap penigkatan kecerdasan spiritual di dayah Ummul Ayman. Adapun penelitian ini metode yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research), dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya peningkatan kecerdasan spiritual di dayah Ummul Ayman sudah berjalan dengan cukup baik. Berbagai upaya telah dilakukan oleh guru-ustadz dan pihak yayasan baik melalui keteladanan, pembiasaan, nasehat, hukuman, maupun metode kesesuaian antara ucapan dan perbuatan. Upaya tersebut agar membantu santri untuk memahami agama dan kehidupan lebih mendalam dan dapat dituangkan dalam kehidupan sehari-hari baik dilingkungan pendidikan maupun dalam lingkungan sosial bermasyarakat. Adapun strategi yang dilakukan oleh Guru/Ustadz di Dayah Ummul Ayman Samalanga adalah membentuk kurikulum terpadu pendidikan for-mal dan non formal baik pendidikan sekolah maupun pendidikan dayah, menetapkan peraturan yang terangkum dalam peraturan dayah, dan Membentuk seksi-seksi yang terdiri dari para ustadz/ustadzah yang memiliki kecakapan dan kemampuannya masing-masing untuk mengontrol jalannya roda pendidikan di dayah Ummul Ayman. Adapun faktor-faktor yang sangat berpengaruh dalam upaya peningkatan kecerdasan spiritual santri adalah dari guru itu sendiri, kemudian metode pengajaran, kedisiplinan santri, perhatian orang tua, dan perkembangan IPTEK.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mulyassir Mulyassir
Date Deposited: 30 May 2023 02:31
Last Modified: 30 May 2023 02:31
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29329

Actions (login required)

View Item
View Item