Analisis Pendapatan Petani Pala Di Kabupaten Aceh Selatan (Studi Kasus Petani Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek)

Nurlisa, 160604033 (2021) Analisis Pendapatan Petani Pala Di Kabupaten Aceh Selatan (Studi Kasus Petani Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek). Other thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Pendapatan Petani Pala Di Kabupaten  Aceh Selatan (Studi Kasus Petani Gampong  Jambo Papeun Kecamatan Meukek)] Text (Analisis Pendapatan Petani Pala Di Kabupaten Aceh Selatan (Studi Kasus Petani Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek))
Nurlisa, 160604033, FEBI, IE.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan dengan tujuan 1)Untuk mengetahui biaya produksi yang di keluarkan petani dari usahatani pala di Desa Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan, 2) Untuk mengetahui berapa besar pendapatan yang di peroleh petani dari usahatani pala di Desa Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan, 3) Untuk mengetahui berapa penerimaan yang di peroleh petani dari usaha tani pala di Desa Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan, 4) Untuk mengetahui berapa R/C Ratio yang di peroleh petani dari usaha tani pala di Desa Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan, dan 5) Untuk mengetahui berapa Break Event Point yang di peroleh petani dari usaha tani pala di Desa Jambo Papeun Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data biaya produksi, penerimaan, pendapatan, Revenue Cost Ratio (R/C)., dan Break Event Point ( BEP). Hasil penelitian menunjukan bahwa usahata tani pala di Gampong Peupen Kecamatan Meukek Kabupaten Aceh Selatan di peroleh rata-rata biaya produksi yang dikeluarkan oleh petani pala dalam satu kali musim panen adalah minimal Rp Rp1.300.000 dan maksimal Rp2.200.000, rata- rata sebanyak Rp9.060.000 minimal kemudian maksimal penerimaan sebanyak Rp20.590.000, rata-rata pendapatan petani pala dalam satu kali musim panen minimal sebesar Rp7.560.000 dan maksimal sebesar Rp29.780000. Jadi Petani Pala di Kabupaten Aceh Selatan, Gampong Jambo Papeun Kecamatan Meukek mengalami kerugian dan hanya terdapat beberapa orang petani saja yang mengalami hasil impas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Nurlisa Nurlisa
Date Deposited: 29 May 2023 03:03
Last Modified: 29 May 2023 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29330

Actions (login required)

View Item
View Item