Pengaruh Metode Dakwah Bil Lisan Terhadap Anak Kecanduan Gadget (Studi Kasus Gampong Lampaseh Kota Banda Aceh)

Nurfazrina Br Sihotang, 190403059 (2023) Pengaruh Metode Dakwah Bil Lisan Terhadap Anak Kecanduan Gadget (Studi Kasus Gampong Lampaseh Kota Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Pengaruh Metode Dakwah Bil Lisan Terhadap  Anak Kecanduan Gadget (Studi Kasus Gampong Lampaseh Kota Banda Aceh)] Text (Pengaruh Metode Dakwah Bil Lisan Terhadap Anak Kecanduan Gadget (Studi Kasus Gampong Lampaseh Kota Banda Aceh))
Nurfazrina, BR Sihotang, 190403059, FTK, PMA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pengaruh Metode Dakwah Bil Lisan Terhadap Anak Kecanduan Gadget (Studi Kasus Gampong Lampaseh Kota)”. Latar belakang masalah dalam skripsi ini adalah rendahnya pemahaman nilai agama pada anak. Walaupun nilai-nilai agama sudah diajarkan pada lingkungan sekolah, namun anak masih sulit untuk menerapkan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai agama. Saat ini masih banyak anak yang membantah orang tuanya, bahkan bersikap tidak sewajarnya dengan tindakan kasar, anak yang membantah terhadap orang tuanya disebabkan oleh sejumlah faktor. Salah satunya, justru karena sikap otoriter dari sang orang tua. jadi bahwa anak usia dini sangat membutuhkan perhatian yang lebih dan pembinaan yang dimulai dari keluarga, dan orang-orang yang ada di sekitarnya, peranan keluarga tersebut dapat melatih potensi anak dan dapat membedakan antara baik dan buruk sehingga dapat Menghindari hal-hal yang berdampak negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh metode dakwah bil lisan terhadap anak kecanduan gadget. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan penelitian ini menggunakan metode angket guna memperoleh data. Populasi pada penelitian ini orangtua gampong Lampaseh Kota. Teknik pengambilan sampel menggunakan teori solvin, sampel pada penelitian ini ditetapkan sebanyak 100 orangtua. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner (angket) dan dokumentasi. Pengolahan dan analisis data peneliti menggunakan metode statistik, data diuji dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji liniearitas, uji heteroskedastisitas dan uji f dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan Fhitung (926,008) > Ftabel (1,966) maka H0 ditolak sehingga variabel Metode Dakwah Bil Lisan memiliki pengaruh signifikan terhadap capaian Kecanduan Anak Terhadap Gadget, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi hasil penelitian (sig 0,000 < 0,05). Dari hasil uji data diatas dapat disimpulkan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, yang berarti variabel Metode Dakwah Bil Lisan dalam penelitian ini berpengaruh signifikan terhadap Anak Kecanduan Gadget (Studi Kasus Gampong Lampaseh Kota Banda Aceh).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Nurfazrina Br Sihotang
Date Deposited: 29 May 2023 03:12
Last Modified: 29 May 2023 03:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/29332

Actions (login required)

View Item
View Item